SMKN 1 Cibadak Lakukan Persiapan Sambut Tahun Pelajaran 2020/2021

oleh -
Rusli Saleh di kebun praktik SMKN 1 Cibadak yang dikenal karena produktivitas jeruk jenis lemon california yang tinggi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

SMKN I Cibadak, Kabupaten Sukabumi terus melakukan persiapan menyambut tahun pelajaran 2020/2021 sambil menunggu keputusan dari Dinas Pendidikan (Disdik) setempat terkait sistem pembelajaran yang diberlakukan. Sampai sekarang belum ada kepastian, apakah sistem pembalajaran masih menggunakan sistem online atau tatap muka.

banner 970x90

Salah seorang guru di SMKN 1 Cibadak, Rusli Saleh menjelaskan, persiapan yang dilakukan sekolah juga menyangkut penyediaan peralatan untuk menunjang protokol kesehatan. Berdasarkan protokol kesehatan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), para guru dan siswa yang akan memasuki lingkungan sekolah harus menjalani pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan dengan handsanitizer, dan mengenakan masker.

“Pada intinya sekolah kami siap menjalankan pembelajaran di bawah AKB. Para siswa akan menjalani pemeriksaan tubuh dua kali, satu kali di depan sekolah dan diulang lagi di kelas masing-masing,” Rusli ketika ditemui di kebun praktik sekolah SMKN 1 Cibadak, Selasa (7/7/2020).

Ketika menyampaikan pelajaran di para guru wajib menggunakan face shield dan masker. Untuk pengadaan hand sanitizer, ujar Rusli, SMKN 1 Cibadak membuatnya sendiri.

Guru produktif dan biologi pada program studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) ini menambahkan, jika sistem tatap muka yang diterapkan, SMKN 1 Cibadak akan membatasi jumlah siswa di dalam kelas dan laboratorium.

Dari sisi pembelajaran tanaman, lanjut Rusli, SMKN 1 Cibadak terus mengembangkan pelajaran praktik perbanyakan tanaman secara vegetatif. Salah satu jenis tanaman unggulan di sekolah tersebut adalah jeruk lemon california. Selama ini banyak permintaan terhadap jenis jenis buah yang kaya vitamin C tersebut.

“Pembenihan tanaman lemon california dilakukan oleh siswa. Setiap kelompok harus membudidayakan 2.500 benih jeruk,” jelas dia.

Selanjutnya setelah benih tumbuh, para siswa melakukan proses okulasi yakni perbanyakan tanaman dengan penempelan mata tunas. Saat ini kebun SMKN 1 Cibadak ditanami 1.800 jeruk lemon california dengan masa panen dua minggu sekali secara bergiliran. Tanaman ini dapat menghasilkan buah pada umur 1,5 tahun. (*)

Print Friendly, PDF & Email