Manfaatkan Bonus Produksi PT. Star Energy, Pemdes Cianaga Renovasi Balai Desa

oleh -
Kegiatan renovasi Balai Desa Cianaga yang didanai bonus produksi PT Star Energy Indonesia dikerjakan secara swakelola yang melibatkan warga sekitar.

Wartawan Joko Samudro

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Cianaga Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi terus berbenah diri dengan melakukan berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemdes Cianaga merenovasi bangunan balai desa.

banner 970x90

Renovasi balai desa tersebut dibiayai oleh dana bonus produksi dari PT Star Energy Indonesia tahun anggaran 2019. Dalam hal ini PT Star menyalurkan dana sebesar Rp271.067.000. Kegiatan pembangunan tersebut dilaksanakan secara swakelola yang melibatkan masyarakat setempat.

“Renovasi balai desa bertujuan untuk memberikan rasa nyaman, baik kepada perangkat desa yang akan memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun kepada masyarakat yang datang meminta pelayanan kami,” kata Kepala Desa Cianaga, Odang Abidin, S.Ag. kepada awak media, Selasa (7/7/2020).

Renovasi balai desa tersebut, ujar dia, sudah direncanakan  sejak lama dan  dimasukkan ke dalam skala prioritas pembangunan di Desa Cianaga. Perangkat desa dan lembaga desa lainnya sudah sejak lama memperbincangkan rencana pembangunan balai desa. Sebab kondisi balai desa saat ini sudah rusak dan kurang sedap dipandang mata.

“Alhamdulillah renovasi berjalan lancar. Bagian-bagian bangunan yang rusak diperbaiki agar tampak segar dan baru. Di bangunan yang direnovasi mudah-mudahan perangkat desa dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Odang.

Dia mengharapkan bangunan balai desa yang direnovasi dapat mendorong kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik warga Desa Cianaga maupun warga dari desa lain. Dengan pelayanan yang meningkat, kepuasan masyarakat juga akan bertambah.

Pada bagian lain Kades Odang menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk terus menjaga dan merawat berbagai sarana dan prasarana yang telah dibangun dengan uang negara maupun dana dari pihak ketiga seperti bonus produksi PT Star, termasuk balai desa supaya fasilitas-fasilitas dan infrastruktur tersebut dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu panjang.

Salah seorang pekerja renovasi Balai Desa Cianaga yang juga warga setempat, Bibin mengatakan, dirinya merasa senang akan memiliki kantor desa yang bagus.  Dia juga mengapresiasi kebijakan desa yang melibatkan warga secara langsung seperti dirinya dalam kegiatan pembangunan tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email