Pemdes Bojongkokosan Tuntaskan Penyaluran Bansos Kabupaten

oleh -
Kepala Desa Bojongkokosan, Dini Rahmawati (kanan) secara simbolis menyerahkan bansos kabupaten kepada salah satu penerima disaksikan petugas dari PT Pos Indonesia dan Babinsa setempat.

Wartawan Joko Samudro

Pemerintah Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi menuntaskan penyaluran bantuan sosial (bansos) dalam bentuk tunai kepada 598 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19. Penyerahan bantuan dilaksanakan di aula Balai Desa Bojongkokosan, Minggu (7/6/2020).

banner 970x90

Dengan pembagian bansos tersebut, Pemdes Bojongkokosan telah menyalurkan bansos dari berbagai sumber anggaran yaitu pusat, provinsi, desa, dan sekarang kabupaten. Dalam menentukan KPM, tiap-tiap jenis bansos tidak tumpang tindih. Keluraga yang sudah menerima bantuan dari satu sumber tidak akan menerima bantuan dari sumber lainnya.

Di sela-sela kesibukan penyaluran bansos kabupaten, Kepala Desa Bojongkokosan, Dini Rahmawati mengatakan, jajarannya sangat serius menangani bantuan-bantuan dari berbagai sumber anggaran tersebut. Karena faktanya bansos yang disediakan pemerintah memberikan kontribusi dalam meringankan beban masyarakat yang sedang menghadapi dampak dari wabah Covid-19.  

“Warga terdampak Covid-19 dan masyarakat kurang mampu sangat terbantu dengan bantuan-bantuan ini, termasuk bansos dari kabupaten,” ujar Dini.

Untuk itu, atas nama masyarakat dan Pemdes Bojongkokosan, Dini mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi atas bansos yang disalurkan kepada warga desa yang dipimpinnya. Bansos dari kabupaten, ujar Dini, tiba di desanya tepat waktu dan lancar.  

Dalam pembagian bansos tersebut, Pemdes Bojongkokosan menerapkan protokol Covid-19 dengan mewajibkan semua hadirin mengenakan masker dan menjaga jarak sesuai dengan aturan physical distancing. Tujuannya, kata Dini, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Salah seorang penerima bansos kabupaten bernama Murtini warga Kampung Setia Bakti RT 03 RW 01 Desa Bojongkokosan menuturkan kegembiraannya setelah menerima bantuan tersebut. Dia berjanji akan menggunakan dana bansos yang diterimanya untuk menutup biaya kebutuhan sehari-hari dan keperluan yang mendesak.  

“Sejak muncul Virus Corona, hidup kami menjadi lebih susah dan sulit. Kami kehilangan pendapatan tetap karena kegiatan usaha menurun. Bantuan ini sangat membantu keluarga kami,” ujar Murtini.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Kades Dini yang telah memperjuangkan keluarganya hingga bisa memperoleh bantuan. Murtini bersyukur atas bantuan yang diterimanya itu. (*)

Print Friendly, PDF & Email