Bupati: Dekranasda Harus Mendukung Pertumbuhan UMKM

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kedua dari kanan) dan Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono (ketiga dari kanan) mengunjungi stand UMKM yang menjual makanan pada Bazar Kuliner Ramadhan di Gerai Dekranasda Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Peran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) sangat strategis bagi kemajuan dan pertumbuhan pelaku UMKM. Karena itu Dekranasda harus mampu memberikan jalan dan  peluang serta mendukung pertumbuhan UMKM. Dengan perannya itu, Dekranasda bisa menggali potensi dunia usaha agar berkembang dan memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat membuka Bazar Kuliner Ramadhan di Gerai Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Komplek Gelanggang Olahraga Cisaat, Senin (6/5/2019) lalu. Bupati mengapresiasi kegiatan bazar tersebut karena memberikan peluang kepada pelaku UMKM yang bergerak di bidang produksi dan penjualan kuliner.

“Kegiatan ini selain untuk menyambut bulan Ramadhan juga untuk menggali dan mengembangkan potensi pelaku UMKM di bidang kuliner. Melalui bazar ini, Dekranasda turut mempromosikan produk UMKM agar menjadi kuliner khas Sukabumi,” ujar bupati.

Pemkab Sukabumi, lanjut dia, selalu mendukung gagasan kreatif yang datang dari pelaku usaha maupun organisasi seperti Dekranasda sebagai wujud kemandirian masyarakat dalam menggali dan mengembangkan potensi UMKM. Gagasan kreatif sangat dibutuhkan untuk menggali, memberdayakan, dan mengembangkan potensi usaha di tengah masyarakat.

“Bazar Ramadhan bertujuan untuk mengembangkan produk berkearifan lokal dengan menyuguhkan kuliner khas daerah. Kami menilai, kegiatan ini menegaskan kiprah Dekranasda dalam memberdayakan para pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi,” tutur bupati.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan, terselenggaranya bazar tersebut merupakan bukti kuatnya kerja sama dan sinergitas anatara Dekranasda, Pemkab Sukabumi, dan pelaku UMKM. Berkat dukungan dan fasilitasi pemda, ujar Yani, Bazar Ramadhan di Cisaat dapat terlaksana.

Karena itu Ketua Dekranasda menghimbau masyarakat untuk mengunjungi dan membeli kuliner khas Sukabumi yang dijual di Bazar Kuliner Ramadhan. Membeli kuliner di bazar tersebut, ujar Yani, selain bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau juga ikut membantu para pelaku UMKM dalam pengembangan usahanya.

“Semoga segala ikhtiar untuk memberdayakan para pelaku UMKM, baik kuantitas maupun kualitas turut mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik, religius dan mandiri,” ujar Yani. (*)

Print Friendly, PDF & Email