Saksikan Festival Nelayan, Ribuan Warga Berdesakan di Alun-alun

oleh -
Rombongan ratu pantai Palabuhanratu dikawal seorang pangeran dan sejumlah prajurit pada karnaval seni dan budaya dalam rangka peringatan Hari Nelayan ke-59 Palabuhanratu tahun 2019.

Wartawan M. RIDWAN

Ribuan warga dari berbagai lapisan masyarakat tumplek di Alun-alun Palabuhanratu, Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Mereka larut dalam peringatan acara puncak peringatan Hari Nelayan ke-59 tahun 2019 bersama Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan para pejabat lainnya yang hadir pada kegiatan tersebut.

Salah satu mata acara yang ditunggu-tunggu masyarakat adalah karnaval dan atraksi seni yang digelar di tengah peringatan Hari Nelayan. Pada karnaval tersebut, panitia menyajikan rombongan putri nelayan yang dikawal sekelompok prajurit dan pengawal berpakaian zaman kerajaan.

“Peringatan Hari Nelayan ini sebagai wujud rasa syukur para nelayan atas hasil tangkapan yang merupakan anugerah dari Allah SWT,” kata Ketua Panitia Hari Nelayan ke-59 Palabuhanratu, Pepen Supendi di tengah kesibukan Festival Hari Nelayan, Sabtu (6/4/2019).

Peringatan Hari Nelayan tahun 2019 mengusung tema “Menjaga Nilai Tradisi dan Budaya, Memupuk Solidaritas, Senantiasa Sukabumi Lebih Baik”. Rangkaian kegiatannya berlangsung sejak 10 Maret dan berakhir pada 20 April 2019. Selain Festival Nelayan yang merupakan puncak peringatan, kegiatan lain yang digelar antara lain olahraga, lomba seni budaya, kegiatan religi, dan Expo Perikanan dan Pembangunan.

“Kegiatan ini merupakan tradisi yang dilaksanakan setahun satu kali. Melalui kegiatan ini para nelayan menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu kami ikut melestarikan seni, budaya, dan kearifan lokal yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat,” ujar Pepen.

Di antara rombongan seniman tampak barisan para finalis Putri Nelayan 2019 yang tampil anggun dan memukau. Mereka telah mengikuti serangkaian uji dan mememuhi kriteria secara kecerdasan, kecantikan, dan tingkah laku untuk menjadi duta pariwisata Kabupaten Sukabumi.  

Di tempat yang sama, Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Kabupaten Sukabumi, H. Dede Ola menjelaskan, selama satu tahun ke belakang, para nelayan dapat menikmati hasil dari kegiatannya melaut ke samudera lepas. Mereka menyatakan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT tersebut melalui Syukuran Hari Nelayan.

Di tempat peringatan Hari Nelayan tampak hadir Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi; Dandim 0622, Letkol Inf Haris Sukarman; Anggota DPR RI, Hj. Reni Marlinawati; Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Jabar, Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, dan Ketua HNSI Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email