Jalan Santai Pendukung 02, Puluhan Ribu Orang Putihkan Sukabumi

oleh -
Puluhan ribu pendukung Capres 02 Prabowo-Sandi berkumpul di Lapang Surya Kencana untuk mengikuti jalan sehat yang digelar Roemah Djoeang Prabowo Sandi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Antusias masyarakat untuk mengikuti jalan sehat yang digelar Roemah Djoeang Prabowo Sandi (PDPS) sungguh di luar dugaan. Puluhan ribu pendukung Prabowo-Sandi benar-benar membuat putih Kota Sukabumi. Sejak pukul 06.00 WIB, Minggu (7/4/2019), massa mulai menyemut di Jalan Nyomplong dan Jalan Pelabuhan 2 menuju Lapang Surya Kencana.

banner 720x90

Para peserta jalan sehat berasal dari berbagai elemen dan komunitas  masyarakat. Mereka berdatangan dari Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan sebagian dari Bogor dan Bandung. Kehadiran pendukung capres 02 tersebut memberikan gambaran kuatnya dukungan kepada Prabowo-Sandi dari warga Sukabumi dan sekitarnya.  

Setelah berkumpul di Lapang Surya Kencana, massa bergerak serentak di jalan-jalan di sekitar stadion olahraga terbesar di Kota Sukabumi tersebut. Peserta jalan sehat diberangkatkan oleh Caleg DPR RI dari Partai Gerindra, Heri Gunawan.

Massa masuk ke Jalan Pabuaran dari Lapang Surya Kencana lalu mengikuti rute Jalan Pelabuhan 2, Jalan Danalaga, kembali ke Jalan Pabuaran, dan kembali ke Lapang Surya Kencana.

Selama di perjalanan, mereka diberi air  minum dalam kemasan gratis dari panitia. Di sepanjang rute yang ditempuh peserta, panitia menyiagakan tim medis.  Pantauan di lapangan,  seorang ibu jatuh pingsan di bawah terik matahari. Dia dibawa oleh tim medis ke rumah sakit. Kabar terakhir menyebutkan, peserta tersebut meninggal dunia.

Informasi dari panitia menyebutkan, jumlah peserta yang memeriahkan jalan sehat sekitar 70 ribu orang. Data  ini diperoleh dari jumlah peserta yang terdaftar dan memakai kaos resmi ditambah peserta yang kehabisan kuota.

banner 720x90

“Kami  tidak menyangka begitu besar antusias masyarakat pada kegiatan ini. Pesertanya sangat heterogen, tua muda dan berasal dari berbagai kalangan. Semua siap memenangkan Capres 02 Prabowo Sandi,” kata Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, Agus Firmansyah ditemui di tengah massa jalan sehat RDPS.

Kegiatan jalan sehat tersebut juga membawa berkah dan rezeki bagi para pedagang yang sebagian berasal dari warga di sekitar Lapang Surya Kencana. Mereka menggelar tempat berdagang makanan ringan dan minuman. Sebagian mengelola lahan kosong untuk dijadikan tempat parkir.

“Kami mendapatkan penghasilan dari kegiatan ini. Hasilnya lumayan untuk menyambung hidup,” kata Andri Akung, warga RW 05 Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi yang mengoperasikan lahan parkir.

Yuyun Yuningsih, Warga Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong berjualan kupat sayur dan kupat tahu. Dagangannya laris manis, buka sejak pukul 05.00 WIB, pukul 10.00 WIB sebanyak 800 porsi kupat habis diberli peserta jalan sehat. (*)

Print Friendly, PDF & Email