Wabup Uraikan Prestasi Capaian Kinerja

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono menyampaikan arahan kepada para peserta Bimbingan Teknis Pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK) LPPD Tahun 2019.

Wartawan AEP SAEPUDIN 

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono menguraikan  capaian kinerja Pemkab Sukabumi yang diraih berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) dari tahun ke tahun. Selama empat tahun ke belakang, Pemkab Sukabumi terus meraih prestasi capaian kinerja dengan kategori sangat tinggi. 

“Kita selalu meraih prestasi sangat tinggi untuk EKPPD atas LPPD, dari tahun ke tahun terus meningkat,” kata wabup saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK) LPPD Tahun 2019 bertempat di Hotel Sukabumi Indah, Selabintana, Sukabumi, Rabu (6/11/2019).

Pada 2015, Pemkab Sukabumi menempati peringkat ke-54 secara nasional untuk EKPPD atas LPPD dengan skor 3,2380, masuk kategori prestasi sangat tinggi. Setahun kemudian, 2016, skor tersebut naik menjadi 3,3230 dengan ranking ke-44.

Selanjutnya pada 2017, Kabupaten Sukabumi meraih prestasi tinggi yang ditetapkan berdasarkan Kepmendagri Nomor 118-8840 Tahun 2018 dengan peringkat ke-18 dan skor 3,2634.

Adapun capaian kinerja untuk tingkat Provinsi Jawa Barat atas EKPPD tahun 2018 berada pada peringkat ke-3 dengan skor 3,4714, juga masuk kategori prestasi sangat tinggi.

“Harapan kami hasil EKPPD atas LPPD Kabupaten Sukabumi untuk penilaian kinerja tahun 2018 secara nasional juga semakin meningkat baik LKPD ataupun WTP,” ujar Adjo.

Atas pencapaian tersebut, Adjo mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah dan kecamatan yang telah memberikan kontribusi dalam mempertahankan opini tertinggi atas hasil pemeriksaan BPK RI yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 5 tahun berturut-turut.

“Penyusunan LPPD merupakan amanat Pasal 69 Ayat 1 UU Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pemerintahan Daerah. Dalam hal ini kepala daerah berkewajiban untuk memberikan LPPD kepada Menteri Dalam Negeri melalui gubernur,” jelas wabup.

Sementara itu dalam laporannya, Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sukabumi, Gungun Gunardi menyampaikan,  bimtek IKK LPPD dilaksanakan selama dua hari sampai dengan Kamis (7/11/2019). Para pesertanya berasal dari dinas, badan, dan setda. 

“Jumlah pesertanya 121 orang yang terdiri dari Kasubag Perencanaan dan Evaluasi beserta Pengelola LPPD sebanyak 74 orang dan Kasubbag Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi di Kantor Kecamatan sebanyak 47 orang,” ujar wabup.   

Tujuan kegiatan ini, kata Gungun, antara lain untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah yang wajib dilaporkan ke pemerintah pusat. Pada kegiatan itu tampak hadir Kasubdit EKPPD Wilayah II Ditjen Otda Kemendagri Agusteno. (*)

Print Friendly, PDF & Email