Renovasi RTLH di Surade Disambut Tangisan Pemilik Rumah

oleh -
Penerima manfaat renovasi RTLH, Ma Enam warga Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ketika menerima Kepala Desa Jagamukti Apay Suyatman, S.Pd. di rumah anaknya.

Wartawan Dicky Sopyan

Perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) di Kampung Pamoyanan RT 05 RW 07 Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi disambut tangisan pemilik rumah bernama Ma Enam (85). Ketika pembangunan RTLH itu baru dimulai, Rabu (6/11/2019), Ma Enam langsung bereaksi dengan suara tangisan yang cukup keras.

“Nuhun. Nuhun. Mugia barokah, semoga mendapat balasan dari Gusti Allah,” kata Ma Enam ketika bertemu dengan Kepala Desa Jagamukti, Apay Suyatman, S.Pd. di lokasi renovasi RTLH.

Saking gembiranya, Ma Enam sampai memeluk Kades Apay yang diiringi suara tangisan. Air matanya mengalir tiada henti disertai ucapan terima kasih yang disampaikan berulang-ulang. Beberapa saat lamanya, perempuan lansia tersebut bisa menumpahkan kebahagiaannya melalui suara tangisan dan kucuran air mata.

“Semoga rumah ini bermanfaat dan kalian yang membantu Ema mendapat balasan yang berlipat ganda,” ungkap Ma Enam dengan nada lirih di hadapan kepala desa dan jajarannya.

Rumah Ma Enam yang direnovasi berukuran 6 x 4 meterpersegi dengan konstruksi panggung. Rumah ini merupakan satu dari 11 RTLH yang mendapatkan bantuan untuk direnovasi. Rumah-tumah yang mendapat bantuan tersebut tersebar di empat kedusunan yakni Dusun Jagamukti, Bojongwaru, Cidadap, dan Dusun Babakan.

Perbaikan rumah Ma Enam baru saja dimulai.

“Kami juga ikut berbahagia melihat warga yang menerima bantuan merasa senang karena rumahnya mendapat bantuan untuk direnovasi,” ujar Kades Apay setelah berdialog dengan Ma Enam.

Total bantuan renovasi RTLH yang diterima 11 warga penerima manfaat mencapai Rp110 juta, setiap keluarga menerima Rp10 juta. Kegiatan renovasi RTLH tersebut, ujar Apay, harus beres dalam waktu paling lama dua minggu. Semua keluarga penerima manfaat, jelas dia, memiliki rumah yang masuk kategori RTLH.

“Kami pastikan program renovasi RTLH yang dananya bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi dapat berjalan sesuai ketentuan. Insya Allah, setelah direnovasi, rumah Ma Enam dan keluarga penerima yang lainnya menjadi tempat tinggal yang layak huni dan nyaman untuk ditempati,” tutur Apay.

Kondisi  11 rumah yang menerima bantuan sangat memprihatinkan. Beberapa rumah di antaranya dalam keadaan nyaris roboh. Ada rumah yang ditempati oleh 5 orang. Tentu mengenaskan, kata Apay, mereka harus tinggal berdesak-desakan di rumah butut. (*)

Print Friendly, PDF & Email