Bawaslu Menilai, Tidak Ada Permasalahan dalam Proses Pendaftaran Paslon

oleh -
Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Haryanto (kedua dari kiri) saat mengikuti proses pendaftaran paslon di Hotel Augusta.

Wartawan Aep Saepudin

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi menilai, proses pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati (wabup) bebas dari permasalahan. Bawaslu selaku pengawas Pemilu berada di tempat pendaftaran paslon yakni di Hotel Augusta, Cikukulu, Cicantayan untuk melihat dari jarak dekat proses pendaftaran.

banner 970x90

“Alhamdulillah secara keseluruhan proses pendaftran pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi berjalan dengan lancar. Kami tidak menemukan indikasi pelanggaran,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Haryanto ketika dihubungi wartawan, Ahad (6/9/2020).

Selama masa pendaftaran, ujar dia, Bawaslu melakukan pengawasan secara ketat.  Tujuannya agar proses pendaftaran tidak melanggar peraturan dan mekanisme penyelenggaraan Pilkada.

“Kami berada di tempat pendaftaran sampai ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati selesai menempuh prosedur pendaftaran,” kata Teguh.

Bawaslu juga mengapresiasi KPU Kabupaten Sukabumi yang menyelenggarakan pendaftaran paslon dengan menerapkan aturan protokol kesehatan.

Selanjutnya Bawaslu juga siap melaksanakan mengawasi tahapan selanjutnya seperti tahapan tanggapan dan masukan dari masyarakat serta pemeriksaan kesehatan para calon. 

Seperti diketahui, tiga paslon yang telah mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Sukabumi terdiri dari H. Abu Bakar Sidik-Sirojudin (Bakang-Sirod), H. Adjo Sardjono-Iman Adinugraha (Adjo-Iman), dan H. Marwan Hamami-H. Iyos Somantri (Marwan-Iyos).

Masa pendaftaran yang sebenarnya dibuka sampai hari ini dapat dituntaskan Sabtu (5/9/2020) kemarin. Bakang-Sirod merupakan paslon pertama yang mendaftarkan diri yakni pada Jumat (4/6/2020). Kemudian Adjo-Iman pada Sabtu (6/9/2020) siang dan menjelang sore harinya pasangan Marwan-Iyos. (*)  

 

Print Friendly, PDF & Email