Gugus Tugas Covid-19 Gelar Rapid Test di Masjid Besar Kecamatan

oleh -
Jajaran Muspika Sukaraja ketuka menghadiri rapid test massal gratis di Masjid Besar Qubbatul Muslimin.

Wartawan Nanang Setiana

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi menggelar rapid test secara serentak di semua masjid besar yang terdapat di 47 kecamatan, Jumat (5/6/2020). Di seluruh kecamatan terdapat kurang lebih 90 masjid besar yang melaksanakan  rapid test tersebut. 

banner 970x90

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang juga penanggung jawab Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi menjelaskan, rapid test massal itu gratis. Masyarakat yang menjadi peserta tidak perlu mengeluarkan biaya satu sen pun.

“Untuk satu masjid  ada seratus sampai dengan dua ratus orang yang mengikuti rapid test dengan diambil sampel darahnya,” kata bupati ketika diwawancara di Pendopo Sukabumi pada hari pelaksanaan rapid test di seluruh masjid besar di Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi menggelar rapid test massal di 8 pasar tradisional. Targetnya seluruh tempat konsentrasi massa akan dijadikan lokasi rapid test.

“Mencegah penyebaran Virus Corona merupakan komitmen bersama yang dilaksanakan secara konsisten dan terarah. Melalui tes ini  kita mencari faktor virus yang reaktif  yang nantinya ditindaklanjuti dengan swab test di laboratorium. Dengan rapid test ini kita bisa mengantisipasi untuk membatasi ruang gerak orang  yang tertular Covid-19,” kata Marwan. 

Salah satu lokasi yang dijadikan tempat rapid test adalah Masjid Besar Qubbatul Muslimin di Kecamatan Sukaraja. Pada kegiatan ini, antusias masyarakat sangat tinggi sehingga sebelum shalat Jumat saja, jumlah warga yang mengikuti rapid test telah mencapai 100 orang. (*)

Print Friendly, PDF & Email