Kecamatan Waluran Andalkan Puncak Julang sebagai Destinasi Wisata Masa Depan

oleh -
Pemandangan di sekitar Puncak Julang di Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi sangat memanjakan mata dengan aneka pepohonan dan flora andalannya pohon pinus.

Wartawan USEP MULYANA (KOWASI)

Kantor Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi akan terlibat penuh dalam pengembangan Puncak Julang yang terletak di Desa Mangunjaya untuk dijadikan destinasi wisata andalan di masa depan. Untuk mewujudkan hal itu, jajaran Kantor Kecamatan Waluran bersama Pemdes Wanginjaya dan komunitas masyarakat Palapah telah memulai pembenahan dan penataan kawasan Puncak Julang.

banner 720x90

”Kami bersama perangkat desa Mangunjaya dan komunitas masyarakat seperti Palapah telah mulai pembenahan di lokasi Pincak Julang,” kata Sekretaris Camat Waluran, Subarna kepada wartawan, Senin (6/5/2019).

Langkah pertama dalam penataan Puncak Julang, ujar Subarna, adalah pembuatan saung yang bahan dasarnya dari bambu. Selanjutnya, para pemangku kepentingan akan menata lingkungan dan meningkatkan prasarana serta sarana di sekitar calon destinasi andalan di Kecamatan Waluran tersebut.

“Langkah ini kami ambil untuk menindaklanjuti perintah dan harapan Pak Bupati dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program penggalian potensi wisata baru di wilayah. Kami punya Puncak Julang untuk dikembangkan,” kata Subarna.

Pada rapat dinas bulanan beberapa waktu lalu, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan perintah kepada jajarannya agar menggali dan mengangkat potensi wilayah termasuk potensi pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sejalan dengan arah pembangunan dan kebijakan Pemkab Sukabumi yang menetapkan pola pembangunan berbasis kawasan.

“Puncak Julang memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Lingkungannya juga dipenuhi pepohonan yang menyejukkan mata dan udara,” jelas dia.

banner 720x90

Di sekeliling Puncak Julang banyak terdapat pohon pinus dan pohon-pohon berakar kuat. Dari tempat ini tampak samar-samar Samudera Indonesia yang biru.  Beberapa kawasan geopark juga dapat dilihat dari arah Puncak Julang seperti Pantai Minajaya, Pantai Ujunggenteng, dan Pantai Palangpang.

“Kami mengharapkan Puncak Julang menjadi  tujuan wisata baru sebagai alternatif dari destinasi yang telah ada di kawasan Pajampangan,” kata Subarna.

Dalam penataan dan pengembangan Puncak Julang, ujar dia, Pemdes Mangunjaya akan melibatkan masyarakat sekitar. Pengembangan potensi wisata di sebuah wilayah harus selalu dikaitkan dengan upaya memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email