Si Montok, Aplikasi Cerdas untuk Kendalikan Kerja Sama Daerah

oleh -
Rahmat Sukandar

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemkot Sukabumi melalui Bagian Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Daerah (Ekbang KSD) Setda meluncurkan aplikasi berbasis website  bernama Si Montok (Sistem Informasi Monitoring Kerjasama). Melalui Si Montok, Pemkot Sukabumi dapat melakukan pengendalian terhadap kerja sama dengan instansi lain dan pelaku usaha agar hasilnya sejalan dengan pencapaian visi dan misi pemda. 

“Aplikasi Si Montok merupakan inovasi dalam rangka pengendalian kerja sama yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Sistem ini akan mengingatkan para pihak dalam pelaksanaan isi perjanjian,” kata Kabag Ekbang KSD Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/4/2019).

Si Montok diluncurkan pada 1 April 2019 lalu pada puncak peringatan HUT ke-105 Kota Sukabumi. Aplikasi berbasis website tersebut dapat mengendalikan semua kerja sama yang dijalin oleh Pemkot Sukabumi dengan pemda lain, pemerintah pusat, dan private sector atau pihak ketiga dari kalangan swasta.

“Si Montok dapat mengingatkan pemda apabila ada perjanjian yang telat diperpanjang atau kontribusi yang terlambat sesuai dengan perjanjian. Sistem akan selalu memberi peringatan tentang pelaksanaan perjanjian daerah,” jelas Rahmat.      

Di sisi lain para calon investor atau mitra kerja, lanjut dia, dapat melihat potensi binsis atau pemberdayaan yang dapat dikerjasamakan dengan Pemkot Sukabumi. Ke depannya, kata Rahmat, Si Montok akan dikembangkan agar terintegrasi dengan sistem yang ada di DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu). 

Rencananya Pemkot Sukabumi akan menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk pengelolaan aset daerah dan pengelolaan parkir. Ada dua aset daerah yang akan dikerjasamakan pengelolaannya yaitu lahan eks terminal di Jalan Sudirman dan lahan di Cikundul yang luasnya sekitar 5 hektare. 

“Lahan di Cikundul kondisinya masih kosong. Untuk kerja sama pengelolaan parkir dengan pihak ketiga berlaku di lokasi tepi jalan umum,  jalan kota maupun di RSUD R. Syamsudin. Banyak peluang yang bisa ditawarkan lewat Si Montok kepada pihak ketiga yang ingin berinvestasi di Kota Sukabumi,” tutur Rahmat.

Aplikasi Si Montok dioperasikan oleh Kasubag Kerjasama Daerah dengan fokus pada monitoring kerja sama. Dalam pengoperasian aplikasi ini, Rahmat dan jajarannya akan melibatkan masyarakat, akademik, pelaku usaha, dan media. Tidak lama lagi, Rahmat akan menggencarkan sosialisasi Si Montok. (*)

Print Friendly, PDF & Email