Bupati Beberkan Jasa Nelayan pada Masyarakat dan Bangsa

oleh -
Secara simbolis Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan nelayan pada puncak peringatan Hari Nelayan Nasional di Palabuhanratu.

Wartawan USEP MULYANA  (Kowasi)

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyatakan jasa dan peran para nelayan pada kemajuan masyarakat dan bangsa sangat besar. Menurut bupati, nelayan beperan penting dalam menjaga ketahanan pangan nasional khususnya mempertahankan dan meningkatkan ketersediaan bahan pangan hasil laut.

Pernyataan bupati itu disampaikan pada upacara peringatan Hari Nelayan Nasional ke-59 di Lapang Alun-alun, Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Sabtu (6/4/2019). Hari Nelayan Nasional yang diperingati setiap tanggal 6 April, ujar Marwan, merupakan wujud rasa syukur para nelayan atas rezeki dari Allah SWT melalui sumberdaya kelautan yang berlimpah.

“Hari Nelayan merupakan momentum kebangkitan nelayan di Indonesia. Karena itu setiap tahun, peringatan dan perayaan Hari Nelayan selalu disambut gegap gempita oleh segenap masyarakat nelayan,” kata bupati.

Di Palabuhanratu dan sekitarnya, lanjut dia, Hari Nelayan memiliki daya tarik tersendiri sebagai atraksi wisata. Puncak peringatan Hari Nelayan selalu disertai karnaval seni dan budaya tradisional. Pada puncak Hari Nelayan tersebut, para seniman lokal menghibur masyarakat sekitar dengan karnaval dan atraksi seni yang menghadirkan rombongan putri nelayan.

“Kegiatan ini selalu meriah dan menjadi magnet bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke Palabuhanratu,” ucap bupati. 

Karena itu, bupati menyampaikan terima kasih kepada para nelayan atas jerih payah dan pengorbanan dalam menjaga ketersediaan pangan. Sebagai bentuk pelayanan dan upaya meningkatkan kesejahteraan para nelayan, kata dia, Pemkab Sukabumi dengan dukungan Pemprov Jabar telah mengajukan pembangunan kembali dermaga di Cisolok.

“Penyelenggaraan Hari Nelayan ini sarat nilai. Kita harus dapat memanfaatkan sumberdaya kelautan dan perikanan dengan lebih arif dan bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” tuturnya.

Bupati juga mengingatkan para nelayan agar menyisihkan sebagian hasil tangkapan ikan untuk pembayaran zakat agar mereka memperoleh keberkahan dari harta yang mereka miliki.

Di tempat peringatan Hari Nelayan tampak hadir Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi; Anggota DPR RI, Hj. Reni Marlinawati; Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Jabar, Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, dan Ketua HNSI Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email