Disempurnakan, GOR Merdeka Butuh Dana 5 Miliar

oleh -
Bangunan GOR Merdeka telah tuntas pembangunannya, namun Pemkot Sukabumi merasa perlu menyempurnakannya agar bangunan tersebut bisa segera dipergunakan oleh masyarakat.

Wartawan Hendri Tias

DPU-PRP-KPP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kota Sukabumi menyiapkan program penyempurnaan bangunan GOR Merdeka. Program ini diluncurkan sebagai tindak lanjut dari usulan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi.

“Apabila program penyempurnaannya sudah selesai, bangunan GOR yang telah disempurnakan akan diserahkan kepada Disporapar,” kata Kepala DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi, Dr. Ir. H. Asep Irawan, M.Sc. kepada wartawan, Selasa (5/3/2019) sore.

Dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penyempurnaan GOR Merdeka tersebut sekitar Rp5 miliar, ujar Asep. Program tersebut langsung dilaksanakan, ujar dia, ketika dananya sudah tersedia. Usulan tersebut disampaikan kepada Pemprov Jawa Barat sebagai pemberi dana pembangunan GOR Merdeka.

“Harapan kita semua, bangunan GOR Merdeka  dapat  segera  digunakan dan dimanfaatkan sesuai keinginan masyarakat. Namun perlu disempurnakan terlebih dahulu,” ujar Asep.

Sebenarnya, kata dia, sejak awal pembangunan GOR tersebut merupakan kewenangan Disporapar. Namun karena Disporapar kekurangan SDM teknis pembangunan, kepala daerah memperbantukan tim dari DPU-PRP-KPP dalam pelaksanaan pembangunan GOR Merdeka.

“Kami menyampaikan usulan penyempurnaan bangunan GOR setelah melalui tahapan kajian. Apakah usulan tersebut dikabulkan atau tidak, itu merupakan kewenangan Pemprov Jawa Barat. Kami belum mengetahui kelanjutan dari usulan penyempurnaan bangunan GOR Merdeka ini,” jelas Asep.

Apabila tidak ada anggaran dari Pemprov Jawa Barat untuk menyempurnakan bangunan GOR tersebut, DPU-PRP-KPP menyerahkan sepenuhnya kepada SKPD terkait yang dalam hal ini Disporapar dan kepala daerah.

“Yang pasti kami harus bersiap-siap untuk menjaga dan mengantisipasi apabila anggaran untuk menyempurnakan bangunan GOR tersebut sudah ada,” kata Asep. (*)

Print Friendly, PDF & Email