TNI di Sukabumi Berperan Penting Memajukan Pembangunan

oleh -
Upacara peringatan HUT TNI ke-74 di Lapang Cangehgar Palabuhanratu dipimpin oleh Komandan Puslatpur Marinir 06/Antralina Sukabumi, Letkol Marinir Ayub Wibowo.

Wartawan M. Ridwan

Keberadaan TNI di Kabupaten Sukabumi sangat berperan penting, tidak hanya mengamankan kedaulatan  NKRI juga membantu ketertiban masyarakat serta memajukan pembangunan dari segala bidang. TNI sering terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan, sosial, dan pemberdayaan masyarakat, baik atas inisiatif kesatuan masing-masing, maupun kegiatan yang difasilitai Pemkab Sukabumi.

banner 970x90

Hal itu disampaikan  Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami seusai menghadiri upacara peringatan HUT TNI ke-74 tahun 2019 di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Sabtu (5/10/2019).  Sebagai daerah terluas kedua di Jawa dan Bali setelah Kabupaten Banyuwangi, kata bupati, Kabupaten Sukabumi membutuhkan bantuan TNI juga Polri dalam melaksanakan berbagai program pembangunan.

“Kami sering melibatkan TNI dalam melaksanakan program untuk masyarakat seperti pendistribusian alat-alat medis pada program KB kesehatan. TNI juga terlibat dana aksi kebencanaan,” tutur bupati. 

Di Kabupaten Sukabumi, ketiga matra TNI memiliki markas. TNI AD selain memiliki Kodim 0622 juga mempunyai markas Yonif 310/Kidang Kencana dan Yonarmed 13/Nenggala Kostrad. TNI AL memiliki Puslatpur Marinir 6 Antralina di Kecamatan Jampangtengah dan Pos TNI AL Palabuhanratu. Sementara TNI AU mempunyai  Satuan Radar 216/Cibalingbing di Kecamatan Surade.

“Tiga matra  TNI di Kabupaten Sukabumi yang lengkap berperan penting menjaga kedaulatan NKRI. Para prajurit tidak hanya siap bertempur tetapi juga piawai  membangun infrastruktur seperti dalam program TNI Manunggal Membangun Desa,” ujar bupati.

Di tempat yang sama, Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi mengatakan, selama ini senergitas TNI dan Polri di Kabupaten Sukabumi berjalan dengan baik. Pada setiap tugas pengamanan, kebencanaan, dan kegiatan lainnya, TNI selalu hadir bersama Polri. 

Sementara Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno menjelaskan, TNI lahir dari rakyat dan bersama-sama rakyat menjaga kedaulatan NKRI. Prajurit TNI AD selalu siap membantu masyarakat yang membutuhkan tenaga dan pikiran untuk melaksanakan pembangunan.

Upacara Peringatan HUT TNI ke-74 dipimpin oleh inspektur upacara Letkol Mar Ayub Wibowo yang sehari-hari menjabat Komandan Puslatpur Marinir 06/Antaralina dengan komandan upacara Kapten Arm Witono yang menjabat Perwira Seksi Teritorial Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

Di tempat upacara tampak hadir Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono, Sekda H. Iyos Somantri, para perwira TNI dan Polri dari berbagai satuan, dan unsur Forkopimda. (*) 

Print Friendly, PDF & Email