DMI Imbau Para Khatib Sukseskan Pilkades Serentak

oleh -
Drs. KH. Abdul Ajiz

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sukabumi mengimbau para khatib untuk ikut serta mensukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang dilaksanakan pada 17 November nanti. Melalui ceramah-ceramahnya para khatib diminta untuk menyampaikan mauidhoh hasanah atau nasihat yang baik kepada jamaah masjid atau peserta pengajian.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Ketua DMI Kabupaten Sukabumi, KH. Drs. Abdul Ajiz di kantornya, Jalan Raya Cibolang, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat ketika diminta pendapat seputar peran pengurus masjid dalam mensukseskan Pilkades di Kabupaten Sukabumi, Kamis (5/9/2019). 

“Para khatib dan pengurus masjid bisa mengambil peranan dalam mensukseskan Pilkades serentak tersebut. Selain ikut mensosialisasikan Pilkades, para khatib dapat turut mewujudkan situasi yang sejuk untuk mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut,” ujar Ajiz.

Menurut tokoh agama yang juga menjabat Ketua Yayasan Pesantren Nurul Huda itu, peran serta para khatib dan pengurus masjid dalam mendukung Pilkades sangat membantu Pemkab Sukabumi yang dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk menjalankan tugasnya terkait Pilkades.

“Pada setiap pengajian rutin atau khutbah Jumat hendaknya para khatib menyampaikan pesan-pesan damai yang menyejukkan hati sambil mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pilkades di Kabupaten Sukabumi,” tutur dia.

Ikut serta mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pilkades serentak, kata Ajiz, merupakan perbuatan baik sebab pemilihan kepala desa tersebut memiliki tujuan yang mulia yakni dalam rangka menuju  Kabupaten Sukabumi yang lebih baik dan mewujudkan masyarakat yang religius dan mandiri.

“Kami yakin peran serta para khatib dan pengurus masjid dapat menunjang pelaksanaan Pilkades serentak sehingga berjalan aman dan lancar,” ujar Ajiz.

Pilkades serentak dilaksanakan di 240 desa dari 381 desa yang ada di Kabupaten Sukabumi. Untuk mensukseskan hajat demokrasi tersebut, Pemkab Sukabumi membentuk panitia secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa. DPMD sebagai leading sector-nya juga menyelenggarakan bimtek untuk semua panitia Pilkades. (*)  

Print Friendly, PDF & Email