Penyaluran JPS Tahap III Terhambat Kelangkaan Bahan Pangan

oleh -
Kepala Dinsos Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsing.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Penyaluran bantuan dari program Jaring Pengaman Sosial (JPS) di Kota Sukabumi untuk tahap III terhambat oleh kelangkaan bahan pangan. Beberapa jenis barang seperti beras sulit didapat karena tingginya permintaan masyarakat terhadap komoditas tersebut.

banner 970x90

“Setelah hambatan itu teratasi, kami langsung menyalurkan bantuan JPS tahap III untuk warga terdampak wabah Covid-19,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsing di tengah kesibukan monitoring penyaluran JPS tahap III, Rabu (5/8/2020).

Selain itu, ujar Rita, jadwal penyaluran JPS tersebut ditangguhkan karena tibanya Idul Adha 1441 Hijriyah. Semestinya, sesuai jadwal, seluruh tahapan penyaluran JPS tahap III tuntas pada akhir bulan Juli lalu. Namun karena adanya hambatan-hambatan tersebut, penyelesaian untuk penyaluran JPS tahap III itu baru bisa terwujud awal bulan Agustus ini.

Pada penyaluran JPS tahap III terjadi pengurangan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM). Untuk tahap I dan tahap II, jumlah KPM mencapai masing-masing 10 ribu keluarga. Jumlah turun menjadi 8.500 KPM untuk JPS tahap III. Semuanya sudah tersalurkan kepada KPM, kata Rita, terakhir bantuan yang didistribusikan pada awal bulan Agustus mencapai 3.616 paket. 

“Untuk penyaluran JPS tahap IV seharusnya sudah dapat mulai disalurkan pada bulan Agustus ini. Tapi kami belum bisa menentukannya, kami masih harus rapat” kata dia.

Dinsos Kota Sukabumi harus melakukan perhitungan ulang yang cermat untuk menentukan jumlah bantuan JPS yang akan disalurkan pada tahap IV. Menurut Rita, kemungkinan besar jumlah penerimanya berkurang. (*)

Print Friendly, PDF & Email