Operasi Patuh Lodaya 2020 Polres Sukabumi Kota Resmi Berakhir

oleh -
Para petugas Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi selalu bersiaga selama pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020.

Wartawan Nanang Setiana

Tim Operasi Patuh Lodaya 2020 Polres Sukabumi Kota Sukabumi berhasil menjaring hampir 4 ribu atau tepatnya 3.958 pengendara mobil dan sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas (lalin). Dari jumlah sebanyak itu, 544 pelanggar ditindak dengan bukti pelanggaran (tilang) dan selebihnya sebanyak 3.414 pelanggar hanya diberi teguran. 

banner 970x90

Hal itu disampaikan Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Atik Suswanti ketika dihubungi melalui telepon seluler pada hari terakhir Operasi Patuh Lodaya 2020, Rabu (5/8/2020) sore. Operasi tersebut secara resmi dinyatakan berakhir setelah dilaksanakan selama 14 hari berturut-turut.

“Hingga Operasi Patuh Lodaya ini berakhir, kami telah menjatuhkan sanksi tilang dan teguran kepada ribuan pelanggar aturan lalu lintas,” kata AKP Atik.

Informasi yang berhasil diperoleh menyebutkan bahwa secara umum angka pelanggaran lalin di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota selama Operasi Patuh Lodaya 2020 cenderung menurun. Pada operasi yang sama tahun lalu, jumlah pelanggaran mencapai 6.120. 

“Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, alhamdulillah angka pelanggaran lalu lintas cenderung menurun. Tentunya hal ini menunjukkan bahwa kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas semakin meningkat,” jelas AKP Atik.

Selama pelaksanaan Ops Patuh Lodaya tersebut, ujar Kasat Lantas, di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Lokasi laka lantas menyebar di berbagai titik yang masuk dalam cakupan wilayah operasi Polres Sukabumi Kota.

Peristiwa kecelakaan tersebut terjadi pada tanggal 24 Juli 2020 yang melibatkan 1 unit sepeda motor dan 1 unit mobil dan dua kecelakaan pada tanggal 4 Agustus 2020 yang melibatkan 3 unit sepeda motor dan 1 unit mobil.

“Kecelakaan yang terjadi melibatkan 4 unit sepeda motor dan 2 unit mobil dengan korban empat orang mengalami luka ringan serta kerugian materil sekitar Rp12 juta,”  kata dia.

Dengan adanya musibah tersebut, jumlah laka lantas tahun ini mengalami kenaikan karena selama masa Operasi Patuh Lodaya 2019 di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota tidak terjadi laka lantas. (*)

  

Print Friendly, PDF & Email