Pjs Kades Harus Selesaikan Penagihan PBB Sebelum Akhir Tahun

oleh -
Pengucapan sumpah jabatan pada pelantikan Pjs Kades Sangrawayang, Kokon Koni dipandu oleh Camat Simpenan, Iwan Gunawan.

Wartawan M. Ridwan

Tugas penjabat sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) tidaklah ringan karena dia harus menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di desa. Walaupun masa jabatannya hanya enam bulan, Pjs Kades tetap dikenai kewajiban untuk menuntaskan kewajiban-kewajiban kades yang salah satunya membereskan penagihan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) sebelum tiba akhir tahun.

banner 970x90

“Jadi sebelum akhir tahun PBB harus sudah beres penagihannya. Kita tahu bahwa dana dari PBB itu sangat penting karena sebagian disalurkan ke masyarakat untuk membiayai kegiatan pembangunan,” kata Camat Simpenan, Iwan Gunawan seusai melantik Pjs Kades Sangrawayang di balai desa setempat, Jumat (5/7/2019).

Pada acara itu, Camat Iwan melantik Kokon Koni sebagai Pjs Kades Sangrawayang. Tugas lain yang cukup berat bagi Pjs Kades, ujar camat, adalah  membenahi administrasi dan melanjutkan program pembangunan di desa yang dipimpinnya. 

“Sementara kades yang sudah selesai masa bhaktinya harus mempertanggungjawabkan pekerjaannya  selama dia menjabat. Pertanggungjawabannya tidak bisa dialihkan kepada penjabat sementara. Sebaiknya Pjs Kades dan kades yang digantikannya terus menjalin koordinasi dan komunikasi,” ujar Iwan.

Pjs Kades yang dilantik, Kokon Koni, sehari-hari menjabat staf Pol PP Kecamatan Simpenan. Dia  menggantikan  Eman Sulaeman, Kades Sangrawayang yang telah selesai masa baktinya. Pelantikan diawali dengan pembacaan SK Bupati Sukabumi yang dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan dan pemasangan tanda jabatan.

Setelah pelantikan, Kokon  menyatakan sanggup dan siap untuk menyelesaikan penagihan PBB sebelum akhir tahun. Dia juga akan memfokuskan perhatiannya pada  pembenahan administrasi di kantor desa maupun pembenahan di lingkungan desa.

“Desa Sangrawayang merupakan pintu gerbang menuju kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Jadi kami harus memberikan contoh yang baik,” ujar Kokon.

Pelantikan dihadiri Danramil Palabuhanratu, Kapten Inf. Budi HP yang teritorialnya juga meliputi wilayah Kecamatan Simpenan  dan Kapolsek Simpenan, AKP Aguk Khusaeni. (*)

Print Friendly, PDF & Email