Dinkes Gelar Rapid Test untuk Warga Kecamatan Gunungpuyuh

oleh -
Suasana rapid test di halaman Kantor Kecamatan Gunungpuyuh untuk keperluan tracing faktor risiko tertular Covid-19.

Wartawan Iyus Firdaus PWI  

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi melakukan tracing untuk melacak faktor risiko tertular Virus Corona dengan rapid test bagi warga Kecamatan Gunungpuyuh dari Kelurahan Gunungpuyuh, Kelurahan Karamat, dan Kelurahan Sriwedari.

banner 970x90

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Gunungpuyuh, Jumat (5/6/2020).

Ditemui di lokasi rapid test, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati mengatakan,  dari target 120 orang yang diundang, warga yang datang hanya 108 orang. 

“Tracing yang kami lakukan saat ini ditujukan pada kelompok warga yang memiliki risiko tertular, baik yang dari kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19,  maupun kontak dengan para petugas,” kata Lulis.

Dalam rapid test ini, termasuk mereka yang diundang adalah para pedagang yang berjualan di wilayah kluster institusi kenegaraan yang kawasannya pernah terserang Virus Corona. Sementara tracing kontak erat sudah dikerjakan oleh jajaran P2PL kepada warga yang pernah berhubungan dengan para pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hasil rapid test hari ini akan diumumkan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi,” jelasnya.

Warga yang reaktif dari rapid test itu akan difasilitasi untuk mengikuti swab test. Mereka yang reaktif  akan dihubungi oleh tim untuk proses tes lebih lanjut. (*)  

Print Friendly, PDF & Email