Peminat Papajar di Pondok Halimun Turun 30 Persen

oleh -
Pos tempat pemungutan retribusi dan pintu masuk ke area objek wisata Pondok Halimun tampak sepi pengunjung sehari menjelang tibanya bulan Ramadhan 1440 Hijriyah.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Tingkat pengunjung yang akan menggelar acara papajar atau makan minum di tempat terbuka dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tahun mengalami penurunan. Berdasarkan tiket yang terjual, tingkat pengunjung papajar tahun ini turun sekitar 30 persen dibandingkan tahun lalu.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pondok Halimun dijadikan salah satu tujuan tempat papajar oleh umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa. Namun tahun jumlah pengunjung yang akan papajar ke tempat kami berkurang,” kata Adin, pelaksana pemungutan retribusi di Objek Wanawisata Pondok Halimun kepada wartawan, Minggu (5/5/2019).

Biasanya, ujar Adin, objek wisata yang terletak di kawasan hutan konservasi Gunung Gede Pangrango, Desa Sudajaya Girang, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi itu tidak pernah sepi pengunjung setiap menjelang bulan Ramadhan. Tahun ini, dia dapat merasakan menurunnya tingkat pengunjung papajar.

“Banyak faktor penyebab menurunnya pengunjung papajar tahun ini. Mungkin salah satunya akses jalan yang rusak. Selain itu sarana dan prasarana untuk menarik pengunjung juga belum ada perubahan,  masih yang itu itu saja,” jelasnya.

Adin yakin, kalau jalan diperbaiki disertai peningkatan sarana dan prasarana di Pondok Halimun, tingkat pengunjung reguler, papajar, maupun hari libur akan stabil atau bahkan meningkat. Dia mengharapkan adanya penambahan fasilitas di Pondok Halimun untuk meningkatkan eksistensi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Sukabumi tersebut.

Salah satu pengunjung Pondok Halimun, Tety (35) Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi menginginkan perbaikan jalan yang terakses ke objek wisata itu. Dengan kondisi jalan seperti saat ini, ujar Tety, para pengunjung akan kerepotan dan kesusahan selama dalam perjalanan menuju Pondok Halimun.

“Tahun ini kami sekeluarga menghabiskan waktu bersama keluarga untuk botram atau papajar menjelang bulan suci Ramadhan di Pondok Halimun,” tutur Tety. (*)

Print Friendly, PDF & Email