Pelayanan pada Pensiunan Harus Cepat dan Tepat

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menyerahkan surat keputusan Bupati Sukabumi secara simbolis kepada lima ASN yang akan memasuki masa pensiun.

Wartawan AEP SAEPUDIN 

Pelayanan kepegawaian kepada para purna bhakti atau pensiunan pegawai pemda harus cepat dan tepat waktu sehingga di kemudian hari tidak ada lagi layanan pada pensiunan yang terlambat. Karena itu, instansi yang menangani urusan kepegawaian harus lebih intensif lagi menjalin kerja sama dengan pihak terkait seperti PT Taspen, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan perbankan.

Demikian hal itu dikatakan Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri ketika membuka acara Sosialisasi Calon Purna Bhakti ASN di Lingkungan Pemkab Sukabumi Tahun Anggaran 2019 bertempat di Hotel Augusta, Cikukulu, Kecamatan Cicantayan, Rabu (4/12/2019).

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi tersebut, sekda hadir bersama para calon purna bhakti ASN.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menciptakan tertib administrasi dan kepastian hukum bagi purna bhakti ASN, meningkatkan layanan pensiun tepat waktu, serta meningkatkan kepedulian, tanggung jawab, dan profesionalisme dalam pengelolaan kepegawaian,” kata sekda.

Tujuan tersebut, lanjut dia, sejalan dengan upaya untuk mewujudkan layanan pensiun yang cepat dan tepat waktu. Sekda mengharapkan BKPSDM dapat meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait yang menangani urusan pensiun agar tidak terjadi keterlambatan dalam pelayanan terhadap purna bhakti ASN.

Kegiatan sosialisasi itu diikuti 300 peserta yang terdiri dari 210 orang calon purna bhakti ASN dan 90 orang Kasubag Kepegawaian dari perangkat daerah dan kantor kecamatan. Para peserta mendapatkan charge pengetahuan seputar kepensiunan yang disampaikan oleh narasumber dari BKN Regional III, PT. Taspen, dan Bank BJB Palabuhanratu.

“Melalui penerapan aplikasi dan kerja sama dengan instansi dan lembaga terkait, kita dapat mewujudkan pelaksanaan pelayanan yang baik dan tepat terhadap para purna bhakti ASN,” kata Iyos. 

Sekda juga menekankan ke depan harus ada terobosan baru dan kerja sama dengan pihak lain dalam meningkatkan kualitas pelayanan pensiun. Kepada para calon pensiunan, sekda menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan pengorbanan mereka selama menjalankan tugas sebagai ASN di Pemkab Sukabumi.

Pada kesempatan itu, Iyos menyerahkan secara simbolis keputusan Bupati Sukabumi kepada lima orang ASN yang mewakili rekan-rekannya. (*)

Print Friendly, PDF & Email