Subbag Humas Buka Akses Informasi untuk Publik

oleh -
Ross Priatnasari

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Subbag Humas Pemkot Sukabumi menjalankan tupoksinya dalam memberikan akses informasi publik kepada semua lapisan masyarakat. Materi informasi yang disebarkan tersebut mencakup penerangan umum, pendidikan, kebijakan, aktivitas, dan langkah-langkah pemerintah daerah. Penyampaian informasi disampaikan secara terbuka, transparan, jujur, dan objektif.

Hal tersebut dikatakan Kasubbag Humas Pemkot Sukabumi, Ross ‘Oci’ Priatnasari saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (4/11/2019). Adanya UU Keterbukaan Informasi Publik ( KIP), ujar Oci, merupakan momentum bagi Subbag Humas Pemkot Sukabumi untuk menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. 

“Peran kami di sini antara lain membuka keran informasi secara terbuka kepada masyarakat, baik lewat media massa ataupun penyampaian informasi melalui media sosial,” ujar Oci. 

Selama ini, lanjut dia, Subbag Humas aktif menyampaikan informasi seputar kegiatan kepala daerah atau pemerintahan dalam rangka mensosialisasikan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi. Selain itu Oci dan jajarannya terus memberitakan realisasi janji kampanye kepala daerah.

Bersama timnya, Oci juga membagi informasi di media sosial Facebook Humas Kota Sukabumi, Instagram humaskotasukabumi@humaskotasukabumi),  youtube Humas Kota Sukabumi serta twitter Humas Kota Sukabumi (@humaskotsi), dan website Humasprotokol Kota Sukabumi.

“Kami ingin  memanfaatkan media sosial untuk menunjang kinerja aparatur sekaligus sebagai wadah penghimpun aspirasi dan sarana publikasi kinerja aparatur,” katanya.

Beberapa program unggulan kepala daerah yang terus disosislisasikan terdiri dari Homecare, Rumah Singgah, puskesmas klinik sore-malam, ambulans Sigap,  Sukabumi Kelurahan Entrepreuneurship Center (Kece), Sukabumi Creative Hub (SCH), Gerakan Literasi, Gerakan Magrib Mengaji, Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, dan aplikasi pengaduan Sukabumi Particapeted Responder (Super). 

“Kesepuluh program tersebut saling menunjang satu sama lain untuk mewujudkan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yakni mewujudkan Kota Sukabumi yang Religius Nyaman dan Sejahtera atau Renyah,” ujar Oci.

Meskipun program tersebut baru berjalan satu tahun, dampaknya sudah mulai terlihat perubahan yang dampak baiknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.  Untuk sisi religiusnya, Pemkot Sukabumi memberikan jaminan kenyamanan dalam memeluk agama dan keyakinan termasuk menggunakan tempat ibadahnya masing-masing.

“Hal tersebut terbukti dengan digalakkannya gerakan Magrib mengaji dan sholat Subuh berjamaah. Untuk penganut agama lainya pun diberikan kenyamanan dalam beribadah seperti dengan adanya dukungan Walikota Sukabumi pada saat peresmian gedung vihara Vimalakirti,” kata Oci. (*)

Print Friendly, PDF & Email