Penetapan Nomor Urut Pilkades Padasenang Berjalan Damai dan Tertib

oleh -
Para calon kades Padasenang memperlihatkan nomor urutnya masing-masing setelah pengundian dan penetapan nomor urut. Pada kesempatan itu tampak hadir Camat Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Semeru (kedua dari kanan); Pjs Kades Padasenang, Niptahul Ajis (paling kanan); dan Ketua Panitia Pilakdes Padasenang, Dikdik (paling kiri).

Wartawan Hamjah

Masyarakat, Panitia Pilkades, dan Pemdes Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi menunjukkan keteladanan dalam proses demokrasi di tingkat desa. Hal itu terlihat pada acara pengundian dan penetapan nomor urut para calon kades di aula Desa Padasenang, Senin (4/11/2019). Setelah penetapan nomor urut, para calon kades bersalaman disertai saling melemparkan ucapan selamat.

Pengundian dan penetapan nomor urut calon kades digelar pada rapat terbuka yang dipimpin oleh Ketua Panitia Pilkades Padasenang, Dikdik Husaini. Pada acara itu tampak hadir Camat Cidadap Semeru, Pjs Kades Padasenang Niptahul Ajis,  Danposramil Kecamatan Cidadap Sersan Wayor Diki, Kapospol  Kecamatan Cidadap Briptu Agung, para calon kades beserta keluarga dan pendukungnya, serta masyarakat Desa Padasenang.

Sejak dimulai, semua hadirin mengikuti  rapat dengan tertib dan tenang. Di tengah rapat tidak ada suasana persaingan antar pendukung calon kades. Para peserta rapat patuh dan tunduk pada tata tertib rapat yang ditetapkan oleh panitia.

“Di desa kami ada tiga calon kades yang akan ikut pemilihan. Semuanya lolos seleksi dengan nilai bagus. Kami sebagai panitia harus segera nenetapkan nomor urut mereka setelah tahapan seleksi oleh panitia di tingkat kabupaten,” kata Ketua Panitia Pilkades Padasenang, Dikdik setelah memimpin rapat terbuka pengundian dan penetapan nomor urut calon kades.

Para calon kades yang telah ditetapkan nomor urutnya terdiri dari Suparman dengan nomor 1, Heris nomor urut 2, dan Sonjaya yang kebagian nomor urut 3. Ketiganya telah lolos seleksi administrasi, uji kompetensi, wawancara, tes kesehatan, dan tes bebas narkoba yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi.

“Setelah memperoleh nomor urut masing-masing, para calon kades menandatangani pakta integritas untuk mewujudkan pilakdes yang aman, tertib, dan lancar. Jadi kami yakin, pemilihan di desa kami akan berjalan sesuai dengan harapan bersama,” ujar Dikdik.

Sementara itu dalam arahannya, Camat Cidadap Semeru menyampaikan terima kasih kepada jajaran Muspika Cidadap, Pemedes Padasenang, dan masyarakat yang telah mengawal tahapan pilkades hingga menyelesaikan penetapan nomor urut. Semeru mengharapkan para calon kades dan pendukungnya berserta masyarakat mengutamakan semangat persatuan dan persaudaraan dalam pilkades tersebut.

“Kami berharap kepada para calon kepala desa untuk selalu menjaga kondusivitas agar pilkades dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” ujar camat. (*)

Print Friendly, PDF & Email