Para Calon Kades Diinggatkan Motto ‘Cibodas Bertasbih’

oleh -
Para calon kades yang maju sebagai peserta Pilakdes Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Nanang Setiana

Para calon kepala desa yang ikut bertandang pada Pilkades Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diingatkan adanya motto ‘Cibodas Bertasbih’. Melalui pesta demokrasi di tingkat desa, para calon kades harus diap untuk mewujudkan motto yang merupakan akronim dari beriman, taat, aman, sejahtera, dan bersih tersebut. 

Hal itu disampaikan Pjs Kades Cibodas, G. Iswahyudi, S.IP.  kepada wartawan seusai mengikuti rapat terbuka penetapan nomor calon kades Desa Cibodas periode 2019-2025 di aula kantor desa setempat, Senin (4/11/2019). Motto Cibodas Bertasbih, kata Iswahyudi, sangat cukup dan komprehensif untuk menggambarkan keadaan desa yang maju dan ideal. 

“Kewajiban, tugas pokok, dan fungsi kepala desa diatur di dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Calon kades terpilih harus memiliki inovasi program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia juga mesti mampu menumbuhkan jiwa-jiwa wiraswasta di masyarakat untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan rakyat,” ujar dia.

Wilayah Desa Cibodas memiliki potensi besar di bidang pertanian. Sumber daya alamnya melimpah sehingga 50 persen warganya bermatapencaharian dari sektor pertanian pangan dan perkebunan. Kepala desa juga harus mempu menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki penduduknya.

“Hal lainnya yang sangat penting adalah melaksanakan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan secara transparan,” tutur Iswahyudi.

Dalam konteks itulah, para calon kades harus menyiapkan diri untuk mewujudkan motto ‘Cibodas Bertasbih’. Iswahyudi pun mengapresiasi pelaksanaan Pilkades Cibodas yang sudah melewati tahapan penetapan nomor urut. Dia yakin, Panitia Pilkades dapat menyelesaikan tugasnya hingga pelantikan calon kades terpilih.

Di sisi lain, masyarakat diimbau harus jeli terhadap calon yang didukung dan dipilihnya. Mereka harus mengenal kepribadian dan karakter semua calon kades, lalu pilihlah yang terbaik yakni figur yang paling siap membangun desa dan menjalankan tugas dengan amanah. 

Pilkades Cibodas diikuti lima calon Pilkades yang telah mendapatkan nomor urut masing-masing. Sebelum diundi nomor urutnya, para calon kades tersebut telah melewati serangkaian tes dan uji administrasi, kompetensi, tes kesehatan, dan tes bebas narkoba.

“Alhamdulillah penetapan nomor calon kepala desa dapat berjalan aman dan lancar. Semua peserta rapat dapat menerima hasil pengundian dan penetapan nomor urut,” tutur Iswahyudi. (*)

Print Friendly, PDF & Email