Panitia Pilkades Caringin Kulon Tetapkan Calon dan Nomor Urut

oleh -
Nomor urut calon Kades Caringin Kulon Periode 2019-2025 dari kiri ke kanan Iyus Herman, Alamsyah (petahana), Yudi Kusjabaniyah, Abdurrahman, dan Mulyadi.

Wartawan Usep Mulyana

Panitia Pilkades Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi menetapkan calon dan nomor urutnya masing-masing dalam rapat terbuka di aula kantor Kecamatan Caringin, Senin (4/11/2019). Pada rapat yang dipimpim Ketua Panitia Pilkades Caringin Kulon, Cecep Sukindar, lima calon kepala desa mendapatkan nomor urut untuk maju ke ajang hajat demokrasi di tingkat desa.

Kelima kandidat beserta nomor urutnya terdiri dari nomor urut 1 Iyus Herman, nomor urut 2 Alamsyah selaku calon petahana, nomor 3 Yudi Kusjabaniyah, nomor 4 Abdurrahman, dan nomor 5 Mulyadi yang pernah menjabat Wakil Ketua BPD Caringin Kulon.

“Penentuan nomor urut ini dilaksanakan secara terbuka yang disaksikan peserta rapat. Jadi tidak mungkin ada rekayasa dalam pengundian nomor urut,” kata Cecep setelah memimpin rapat terbuka pengundian dan penetapan nomor urut kades.

Semua calon, ujar dia, memiliki probabilitas yang sama untuk mendapatkan nomor 1, 2, 3, 4, dan 5. Panitia sama sekali tidak dapat mengatur seorang calon kades untuk mendapatkan nomor tertentu.  

“Semua calon diperlakukan sama. Kami hanya menginginkan putra terbaik desa yang terpilih untuk memimpin desa kami enam tahun ke depan,” ujar Cecep.

Semua calon yang ditetapkan, kata dia, telah memenuhi syarat pencalonan seperti syarat administrasi, kompetensi, dan kesehatan. Mereka telah mengikuti tahapan-tahapan seleksi yang dilaksanakan secara ketat dan profesional.

Sementara itu, Sekretaris BPD Caringin Kulon, Iman Suangsa menilai,  semua tahapan Pilkades sudah dilaksanakan dengan baik. Segenap jajaran panitia, kata Iman, sudah menjalankan tugas sesuai tahapan dan jadwal yang ditetapkan pemda. BPD menginginkan pilkades yang aman, damai, dan bermartabat. 

“Hasil tidak akan mengkhianati proses.  Kalau prosesnya baik,  maka produk yang dihasilkan juga akan diterima oleh pihak yang menang maupun pihak yang kalah, ” tutur Iman. (*)

Print Friendly, PDF & Email