Desa Kabandungan Realisasikan Banprov untuk Membangun Kantor Desa

oleh -
Penampilan dan kondisi tempat pelayanan di Kantor Desa Kabandungan yang terus ditingkatkan prasarananya dengan dana dari banprov 2019.

Wartawan Nanang Setiana

Pemerintah Desa (Pemdes) Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merealisasikan bantuan provinsi (banprov) tahun 2019 untuk membangun kantor desa. Selain itu, Desa Kabandungan mengalokasikan dana banprov tersebut untuk pengadaan HP bagi ketua RW dan tunjuangan penghasilan aparatur pemerintah desa.

“Sebagian besar dana banprov itu untuk pembangunan dan peningkatan prasarana kantor desa,” kata Kepala Desa Kabandungan, Asep Saepudin kepada awak media, Senin (4/11/2019).

Besaran banprov 2019 itu mencapai Rp127.288.000. Dari dana tersebut, sebesar Rp 91.488.000 (PPh + PPn) digunakan untuk membiayai pembangunan dan peningkatan prasarana desa, untuk pengadaan smartphone untuk 12 ketua Rukun Warga (RW) dan 1 perangkat desa sebesar Rp20.800.000, dan tunjangan penghasilan aparatur pemerintah desa sebesar Rp15 juta. 

“Peningkatan tunjangan penghasilan itu  untuk mendukung program peningkatan pelayanan fungsi pemerintah desa, sementara pengadaan HP untuk menunjang program Sapa Warga,” ujar Asep.

Pembangunan prasarana kantor desa, kata kades, sampai saat ini masih dalam proses pengerjaan. Dia yakin, pembangunan kantor desa tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kenyamanan bagi aparatur pemerintah desa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Agar smartphone dapat digunakan secara langsung, Pemdes Kabandungan juga mnemberikan pulsa dengan nilai masing-masing sebesar Rp50 ribu untuk 13 penerima manfaat. Sumber dana untuk pembelian pulsa ini juga berasal dari banprov 2019.

“Alhamdulillah, smartphone yang dibagikan kepada para ketua RW dan aparatur desa sudah dapat digunakan sesuai dengan fungsinya untuk menunjang program Sapa Warga,” tutur Asep. 

Kades Kabandungan optimis, bantuan tersebut bisa memperlancar aktivitas sosial ekonomi masyarakat. Dia mengharapkan pemberian smartphone dapat memperlancar komunikasi antarlembaga masyarakat dan lembaga desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email