Terus Berbenah, Desa Cimanggis Membangun Jalan Baru

oleh -
Warga Desa Cimanggis bergotong royong untuk membongkar bukit dan menimbun lembah demi terwujudnya jalan lingkungan baru yang mereka idam-idamkan.

Wartawan AEP SAEPUDIN  

Sebagai desa temuda di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Desa Cimanggis terus berbenah dan membangun infrastruktur untuk mengejar ketinggalan dari desa-desa lainnya. Pada tahun anggaran 2019 ini, Desa Cimanggis membangun jalan lingkungan baru yang menghubungkan desa tersebut dengan Desa Hegarmanah yang masih di Kecamatan Cicantayan.

banner 970x90

“Desa kami merupakan hasil pemekaran dengan Desa Hegarmanah dan desa termuda di Kecamatan Cincatayan. Kami harus terus membangun agar dapat mengejar desa-desa lainnya dalam infrastruktur dan sarana publik,” kata Pjs. Kades Cimanggis, Cecep Mulyana ketika ditemui di kantornya, Jumat (4/10/2019).

Karena itu, wajar jika pemerintah desa dan masyarakat Cimanggis sangat bersemangat dalam membangun infrastruktur seperti jalan. Pembangunan jalan baru yang merupakan poros penghubung ke Desa Hegarmanah dikerjakan  secara gotong royong dan swadaya dengan stimulan dana dari pemerintah.  

“Kami membuat jalan lingkungan baru untuk meningkatkan akses transportasi  dan meningkatkan perekonomian warga desa. Jalan baru ini juga nantinya dilalui oleh anak-anak sekolah,” ujar Cecep.

Fungsi lain dari jalan lingkungan baru tersebut, lanjut dia, adalah untuk mempermudah para pengunjung ke destinasi wisata di desa kami seperti Padang Bulan di Gunung Bunder dan objek wisata kolécér yang menjadi unggulan desa kami. Semoga kehadiran jalan baru ini bisa menunjang terwujudnya Sukabumi lebih baik,” kata Pjs. Kades Cimanggis.

Cecep mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi serta Camat Cicantayan Sendi Apriliadi  yang memiliki andil besar dalam pembangunan jalan tersebut. Pembangunan jalan tersebut dibiayai oleh Program Peningkatan Partisipasi Kecamatan (P3K) Cicantayan dengan anggaran sebesar Rp120 juta.

Ditemui di lokasi pembangunan jalan, Bendahara Kelompok Masyarakat (Pokmas)  selaku pelaksana kegiatan,  Komaludin menjelaskan, panjang keseluruhan jalan baru lingkungan yang dibangun oleh pelaksana dan masyarakat mencapai 830 meter dengan lebar 2,2 meter. Berdasarkan kemampuan anggaran, panjang jalan yang bisa dibangun hanya 700 meter.  

Tahapan pembangunan jalan baru di Desa Cimanggis pada tahun ini sampai pada tahap pengerasan.  

“Jadi sebagian ruas jalan yang kami bangun dikerjakan secara swadaya. Sekarang yang sudah selesai baru mencapai 750 meter,” kata Komaludin.

Dalam mengerjakan pembangunan jalan baru, ujar dia, warga Desa Cimanggis sangat kompak. Warga juga mengikhlaskan tanahnya untuk dijadikan jalan. Mereka  bersemangat ketika bergotong royong membangun jalan lingkungan tersebut. Tidak ada seorang pun yang mengeluh walau harus berpanas-panasan di bawah terik matahari di akhir musim kemarau.

Jumlah warga yang terlibat dalam pembangunan jalan mencapai puluhan, kadang-kadang mencapai 60 orang. Semuanya bekerja secara suka rela.  Tahun ini, ujar Komaludin, tahapan pekerjaan hanya sampai pengerasan dengan batu.

“Insya Allah, tahun 2020, pada jalan ini akan dilakukan pengaspalan,” ujar dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email