Jalan PISEW di Caringin Sambungkan Tiga Desa

oleh -
Ketua BKAD Kecamatan Caringin, Hilmawan (kiri) ketika menjalankan tugas pengawasan untuk pengaspalan yang dibiayai PISEW di Desa Mekarjaya, Kecamatan Caringin sepanjang 550 meter dan lebar 2,5 meter.

Wartawan Usep Mulyana

Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di Kecamatan Caringin,  Kabupaten Sukabumi berhasil menyambungkan tiga wilayah desa. Dengan program yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut, jalan yang menghubungkan desa-desa Mekarjaya, Cijengkol, dan Seuseupan berubah menjadi bentangan jalan beraspal yang layak dilalui kendaraan bermotor.

banner 970x90

“Dengan dana dari PISEW, bentangan jalan yang menghubungkan tiga desa menjadi berlapis aspal,” kata Ketua Badan Komunikasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Caringin, Hilmawan alias Aceng kepada wartawan, Jumat (4/10/2019).

Sampai saat ini, ujar Aceng, dari proyek infrastruktur jalan di tiga desa itu, tinggal menyelesaikan pengaspalan di Desa Mekarjaya sepanjang 550 meter dengan lebar 2,5 meter. Adapun pekerjaan di dua desa lainnya yakni Desa Cijengkol sepanjang 1.285 meter dan Desa Desa Seuseupan sepanjang 550 meter sudah tuntas.

“Tidak lama lagi, proyek pengaspalan yang menghubungkan tiga desa itu selesai,” kata dia.

Titik nol meter dari bentangan jalan tersebut berada di pertigaan jalan Cijengkol – Cibojong.  Tim BKAD memulai pekerjaan dari pertigaan tersebut sampai titik akhir pekerjaan di Kampung Jawura.

Jumlah dana yang digelontorkan untuk membiayai proyek tersebut sebesar Rp600 juta dari APBN melalui Kementerian PUPR. Anggaran tersebut didistribusikan secara proporsional ke tiga desa berdasarkan kebutuhan dan volume pekerjaan.

“Proyek ini dikerjakan secara swadaya dengan melibatkan masyarakat. Dalam pekerjaan ini, di dalamnya juga ada unsur BPD dan LPMD sebagai pengawas. Alhamdulillah pekerjaan sudah mencapai 85 persen. Hal ini tercapai berkat kerja keras warga,” ujarnya.

Ditemui di tempat terpisah Sekretaris BKAD Caringin Ismatullah menjelaskan, salah satu tujuan PISEW adalah untuk  menyambungkan ruas jalan antar desa dalam satu kesatuan wilayah.

“Setelah ada proyek PISEW, jalan antara desa Cijengkol dan Mekarjaya di sebelah Barat dan dari Mekarkaya ke Desa Seuseupan sebelah Utara sudah tersambung,” kata Ismatullah.

Tersambungnya jalan ketiga tersebut membawa dampak positif bagi warga. Di samping memperpendek jarak tempuh untuk sampai ke jalan kabupaten, ujar dia, lalu lintas barang dan jasa juga semakin lancar. Sudah barang tentu, tingkat perekonomian warga juga semakin memingkat. (*)

Print Friendly, PDF & Email