Karangtengah Menjadi Pilot Project Program FCU

oleh -
Lurah Karangtengah, Tony Slamet memberikan keterangan seputar kesiapan untuk menjalankan program Family Care Unit (FCU) di wilayah kerjanya.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi mendapat kepercayaan menjadi pilot project untuk program FCU (Family Care Unit). Di seluruh Provinsi Jawa Barat, hanya Kelurahan Karangtengah yang menjalankan program dari Kementerian Sosial tersebut. 

banner 970x90

“Kami siap menjalankan program ini. Salah satu satu misi dari FCU adalah membina keluarga plasma dan pionir. Keluarga pionir yang dianggap mampu harus membimbing keluarga plasma. Pada intinya keluarga mampu membina keluarga tidak mampu, baik materil maupun moril,” kata Lurah Karangtengah, Tony Slamet seusai sosialisasi program FCU di Hotel Balcony, Rabu (4/9/2019).

Sebagai pengemban pilot project, Kelurahan Karangtengah memiliki pengalaman melaksanakan kegiatan sejenis yakni pengelolaan lembaga yang mendorong terwujudnya keluarga saling bantu sejak  2014. Pada tahun 2018 lembaga tersebut menjadi LKPK (Lembaga Konsultasi Peduli Keluarga). 

“Sosialisasi bertujuan untuk pematangan program yang telah dijalankan agar seluruh masyarakat benar-benar bisa menjalankan program FCU. Kami akan selalu bersinergi dengan Dinas Sosial dalam pelaksanaan program ini,” ujar lurah.

Tony mengharapkan ke depan FCU dapat memberikan pembinaan dalam keterampilan dan wirausaha mengingat Kelurahan Karangtengah merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi.  

Di wilayah kerjanya terdapat 82 kepala keluarga pioner dan 333 kepala keluarga plasma yang harus dibantu. Para keluarga tersebut menyebar di 16 RW. Pemantapan program FCU merupakan program ketiga untuk pemberdayaan masyarakat yang dibiayai Dana Kelurahan (DK) di Karangtengah. 

Sampai sekarang, Kelurahan Karangtengah telah mencairkan DK tahap I sebesar Rp176 juta. Dana tersebut digunakan untuk membiayai 8 kegiatan pembangunan sarana dan prasarana serta 8 kegiatan pemberdayaan masyarakat. 

Di tempat yang sama Sekretaris Kecamatan Gunungpuyuh,  Ikayat Mika Rahayu menjelaskan, sosialisasi program FCU bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sesama dan tetangga. Melalui program tersebut, ujar Ikayat, DK  bisa digunakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Karangtengah.

“Kami mengharapkan Kelurahan Karangtengah bisa menjadi tolok ukur dan percontohan dalam program peningkatan kepedulian warga kepada tetangganya,” ujar dia.

Makna pembinaan antar keluarga, lanjut Ikayat, tidak selalu berkonotasi materi, bisa juga keterampilan. Contohnya keluarga yang mahir bercocok tanam di lahan sempit bisa membagikan pengetahuan dan keterampilannya kepada para tetangga di sekitarnya.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan penerimaan masyarakat terhadap FCU,” ujar Ikayat. (*)

Print Friendly, PDF & Email