Kapolres Kagumi Potensi Alam Kampung Tangguh di Jambenenggang

oleh -
Kapolres Sukabumi AKBP Sumarni bersama Kepala Desa Jambenenggang Ojang Sopandi saat melakukan kunjungan ke Lembur Tohaga Lodaya Bageur di Desa Jambenenggang.

Wartawan Herman Suherman

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni menyatakan kekaguman atas potensi alam yang terdapat di Kampung Tangguh di Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. Kampung ini memiliki aneka sumber daya pertanian yang dapat mendukung dan memperkuat eksistensi desa sebagai zona ketahanan pangan.

banner 970x90

Hal itu terungkap ketika Kapolres Sukabumi Kota berkunjung ke Kampung Tangguh Desa Jambenenggang, Senin (3/8/2020) sore. Kampung Tangguh yang berlokasi di Kampung Bobojong RT 01 RW 06 itu telah menyandang status Lembur Tohaga Lodaya Bageur.

“Zona ketahanan pangan di Kampung Tangguh Desa Jambenenggang ini sangat luar biasa. Ada tanaman padi, sayur-sayuran, kemudian juga ada kolam ikannya. Kami juga melihat potensi wisata yang bisa dikembangkan,” ujar AKBP Sumarni kepada awak media.

Kampung Bobojong memiliki sumber daya pertanian yang cukup melimpah. Selain terdapat hamparan sawah yang hijau, kekayaan lain di kampung ini berupa sumber air yang tidak pernah kering dan lahan pertanian yang dapat diandalkan menjadi pendukung program ketahanan pangan.

“Kami juga meminta kepala desa untuk mengembangkan kampung wisata di Desa Jambenenggang. Di sini bisa dibuat tempat wisata arum jeram. Tempat wisata arum jeram dapat menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata Kapolres. 

Kunjungan AKBP Sumarni ke Desa Jembenenggang didampingi sejumlah pejabat utama Polres Sukabumi Kota. Di lokasi kegiatan, dia disambut dan berdialog dengan Kepala Desa Jambenenggang Ojang Sopandi, para ketua RW, ketua RT, dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Jambenenggang. 

“Kami meyakini bila segala potensi kekayaan alam yang ada di Desa Jambenenggang ditata dan dikembangkan lagi niscaya bisa menjadikan desa ini sebagai kawasan wisata yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email