SMPN 2 Cibadak Canangkan Target Menjadi Sekolah Unggulan

oleh -
Para orang tua siswa kelas VII yang mengikuti rapat komite di SMPN 2 Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro (Suroboyo)

SMPN 2 Cibadak mencanangkan target untuk menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapai target tersebut, SMPN 2 Cibadak harus bisa meraih prestasi dan mencapai kemajuan di segala bidang, baik akademik maupun nonakademik termasuk ekstrakurikuler.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 2 Cibadak, Deny Supriatna di depan para orang tua siswa kelas VII yang mengikuti pertemuan Komite Sekolah, Jumat (2/8/2019). Salah satu syarat untuk mencapai sekolah unggulan, ujar Deny, adalah dukungan orang tua untuk meningkatkan prestasi para siswa.

“Peran Bapak-bapak dan Ibu-ibu selaku orang tua siswa sangat penting untuk mewujudkan kesuksesan anak-anak di sekolah.  Tanpa adanya kerja sama orang tua siswa dengan sekolah, kita akan sulit mewujudkan kemajuan dan kesuksesan anak dalam belajar,” ujar dia.

Keberhasilan para siswa di sekolah, lanjut dia, sangat ditentukan oleh dorongan orang tua untuk membuat anak makin semangat dalam belajar, baik di sekolah maupun di rumah. Untuk mendapatkan hasil belajar yang diharapkan bersama, kata Deny, para orang tua juga harus proaktif mengontrol dan memantau langkah dan gerak-gerik anak-anaknya agar tidak lepas kendali.

“Kami di sekolah akan tetap membimbing dan mengarahkan para siswa di sekolah,” tutur dia.

Selain itu, Deny mengupas program khusus yang akan diterapkan di sekolah yang dipimpinnya yaitu gerakan menghimpun dana sebesar Rp500 perhari dari sisa jajan anak-anak. Pengumpulan uang yang dihimpun ini bertujuan antara lain untuk mempercepat proses pembangunan dan kemajuan sekolah di luar program dari Dinas Pendidikan.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala SMPN 2 Cibadak Bidang Kesiswaaan,  Dedy menyampaikan, proses pembentukan anak-anak yang berkarakter membutuhkan keterlibatan orang tua untuk menjaga dan mengontrol perilaku mereka. Keberadaan siswa-siswa yang berkrakter dapat mendorong SMPN 2 Cibadak menjadi tolok ukur bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Sukabumi. 

Sementara itu Ketua Komite Sekolah SMPN 2 Cibadak, H. Suyatman mengatakan, rapat komite yang digelarnya bertujuan untuk mendukung upaya memajukan SMPN 2 Cibadak. Semua orang tua, ujar Suyatman, harus terlibat untuk menjadikan SMPN 2 Cibadak sebagai sekolah berkualitas dan terkemuka.

Salah satu orang tua siswa, Arman menyatakan setuju dengan program-program yang dicanangkan oleh SMPN 2 Cibadak.  Dia mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan para guru yang telah mendidik dan membentuk karakter anaknya. Arman mengharapkan sekolah tempat anaknya menuntut ilmu dapat meraih prestasi yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email