Ke Semarang, Wali Kota Hadiri Rakornas Apeksi

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (keenam dari kanan) bersama sejumlah pejabat pemda yang hadir pada pembukaan Rakornas XIV APEKSI di Semarang, Jawa Tengah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi terbang ke Semarang untuk mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-14 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Pada kegiatan itu, wali kota akan berada di tempat kegiatan sampai dengan Sabtu (6/7/2019).

banner 970x90

“Kegiatan ini ditargetkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan kerja sama antar kota se-Indonesia termasuk mendorong perkembangan ekonomi Kota Sukabumi,” kata wali kota setelah mengikuti pembukaan Rakornas ke-14 APEKSI, Rabu (3/7/2019).

Pembukaan rakornas dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Pada acara itu hadir juga  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Airin Rachmi Diani,  dan 98 kepala daerah yang merupakan anggota APEKSI.

Pemkot Sukabumi, lanjut Fahmi, mengharapkan Rakornas XIV APEKSI bisa memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan daerah. Sehingga para peserta yang datang dari berbagai kota di seluruh Indonesia dapat membawa manfaat dari rakornas tersebut ketika kembali ke daerahnya masing-masing.

”Salah satu harapan kami dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan dan penguatan kerja sama antardaerah untuk kemajuan daerahnya masing-masing,” tutur wali kota.

Kerja sama yang terjalin, lanjut dia, bisa menghasilkan hal-hal yang positif bagi perkembangan daerah di berbagai bidang dan untuk menunjang kemandirian daerah. Dikatakan Fahmi, kemandirian daerah harus sejalan dengan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing.

Sementara itu dalam arahannya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para wali kota dan wakil wali kota yang telah mewujudkan Pemilu 2019 yang demokratis, aman, dan tertib di daerahnya masing-masing.

Menteri menegaskan APEKSI harus berperan aktif dalam mendorong anggotanya yang tersebar di 93 daerah otonom dan 5 daerah administratif untuk mengambil langkah penyesuaian RPJMD terhadap RPJMN 2020-2025. 

Keberangkatan wali kota ke tempat rakornas didampingi sejumlah pejabat Pemkot Sukabumi antara lain Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Andri Setiawan; Kepala Bappeda, Rudi Djuansyah; Kabag Tata Pemerintahan, Tejo Condro Nugroho; dan para pegawai Bagian Tata Pemerintahan. (*)

Print Friendly, PDF & Email