Badan Kesbangpol Gelar Pelatihan Pemberdayaan Politik di Sagaranten

oleh -
Para pejabat Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi dan para narasumber serta peserta pelatihan pemberdayaan politik bagi generasi muda di Dapil 5 Sagaranten dan sekitarnya.

Wartawan Hamjah

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sukabumi menggelar pelatihan pemberdayaan politik bagi pemuda di GOR Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2019). Pada pelatihan itu, Kesbangpol menghadirkan pengurus KNPI, Karang Taruna, dan para pelajar dari Dapil 5 sebagai peserta.

banner 970x90

”Kegiatan ini kami laksanakan untuk meningkatkan pemahaman politik dan partisipasi generasi muda dalam pembangunan. Kami menilai para pemuda ini perlu memiliki pengetahuan tentang politik,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi,  Dodi Rukmana Medianto ditemui di tengah kegiatan. 

Pelatihan, ujar Dodi, digelar di semua dapil yang banyaknya 6 di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi. Penyelenggarannya secara bergiliran. Kegiatan di Dapil 5 diikuti puluhan peserta dari kalangan generasi muda dan pemuda.

“Melalui pelatihan pemberdayaan politik, kami membekali para pemuda dengan pengetahuan dan wawasan politik dan kebangsaan. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan sosial politik di Kabupaten Sukabumi,” kata Dodi.

Di tengah peserta pelatihan tampak hadir para pejabat Badan Kesbangpol antara lain Ridwan (Sekretaris Badan Kesbangpol), Yus Hilman (Kabid Politik Dalam Negeri), Edi Yatna (Kabid Ideologi dan Ormas), dan Adang (Kabid Pengawasan Deteksi Daerah). Mereka juga menjadi narasumber pada pelatihan tersebut. 

Narasumber tidak hanya dari internal Badan Kesbangpol, pada pelatihan itu tampil pula sebagai narasumber para pejabat daerah seperti Kapolsek Sagaranten AKP T. Daulay SH, Danramil Sagaranten Kapten Inf Heri Wiropo,  dan Ketua KPU Sukabumi, Ferry Gustaman. 

Pelaksana kegiatan, Reni menjelaskan, pendidikan politik tersebut merupakan program Badan Kesbangpol yang terkait dengan pembinaan politik dalam negeri dan ormas. Dari pelatihan ini diharapkan para peserta menjadi  bagian dari pemuda yang mahir berpartispasi dalam pembangunan sosial politik di Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email