Selepas Idul Fitri, Silaturahmi di Desa Cijengkol Semakin Mantap

oleh -
Prosesi bersalam-salaman di antara seluruh elemen masyarakat dan desa bersama Kepala Desa Haer Suhermansyah (kanan) mengakhiri acara halal bihalal di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Seusai perayaan Idul Fitri, semangat silaturahmi di Desa Cjengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi kian mantap dan terjaga dengan baik. Hal itu terlihat pada kegiatan halal bihalal selepas musim Lebaran tahun 1441 Hijriyah yang diselenggarakan oleh pemerintah desa setempat bersama perangkat desa, lembaga desa, dan unsur masyarakat.

banner 970x90

Halal bihalal digelar di aula Balai Desa Cijengkol, Rabu (3/6/2020). Pada kegiatan sosial dan amal itu tampak hadir seluruh unsur lembaga desa, para Ketua RT/RW, Ketua MUI desa, Babinsa, Bhabinkamtimbmas, KIM Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol Bersatu (KIM Cibers), kader Posyandu, seluruh pendamping desa/kecamatan, TP PKK, perangkat desa, dan sejumlah tokoh masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi di antara sesama manusia, khususnya kaum muslimin. Di tingkat desa, acara ini dapat menjaga dan meningkatkan silaturahmi di antara perangkat desa dengan masyarakat dan unsur-unsur lainnya yang ada di desa,” kata Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah ketika menyampaikan sambutan halal bihalal.

Melalui halal bihalal, ujar Haer, para pserta termasuk dirinya bersama seluruh perangkat desa yang dipimpinnya dapar saling meminta maaf agar semuanya kembali kepada fitrah manusia sebagai insan yang selalu merindukan kebenaran.  

“Halal bihalal merupakan acara puncak setelah umat Islam menjalankan ibadah shaum pada bulan Ramadan dan merayakan hari kemenangan Idul Fitri,” tuturnya.

Kades mengharapkan, acara halal bihalal yang digelarnya dapat semakin mendekatkan dan meningkatkan kebersamaan semua jajaran perangkat desa dengan seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat yang ada di desa.

Dengan kebersamaan yang tercipta, pemerintah desa, lembaga desa, dan masyarakat dapat bahu-membahu dengan semangat soliditas untuk membangun dan memajukan desa, kata Haer.

Suasana halal bihalal di Desa Cijengkol yang dihadiri seluruh perangkat desa dan berbagai elemen masyarakat.

Acara diawali dengan kata sambutan dari Sekretaris Desa Cijengkol, Moch. Zakaria Ansori yang juga membuka halal bihalal. Setelah penyampaian sambutan dari kepala desa, halal bihalal ditutup dengan doa yang dipandu oleh H. Solahudin Firdaus.

Di penghujung acara, kades beserta perangkat desa dan seluruh hadirin menggelar prosesi bersalam-salaman dalam suasana haru dan linangan air mata sebagai tanda mereka saling memohon maaf dan memaafkan kesalahan yang telah diperbuat. (*)

Print Friendly, PDF & Email