Pemdes Cijengkol Realisasikan Banprov Tahun 2020

oleh -
Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah (paling depan) ketika monitoring pembangunan jalan yang dibiayai oleh dana dari bantuan provinsi.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Pemerintah Desa (Pemdes) Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi berhasil merealisasikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar (Banprov)  tahun anggaran 2020 untuk empat kegiatan. Besarnya banprov yang diterima Desa Cijengkol mencapai Rp130 juta.

banner 970x90

Empat kegiatan yang dibiayai banprov itu terdiri dari pembangunan jalan, program sapa warga, tunjangan kinerja perangkat desa, dan pembangunan posyandu. “Tentu saja dana tersebut harus dipotong pajak sebesar 11 persen,” kata Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah ketika monitoring pembangunan jalan, Kamis (4/6/2020).

Pembangunan jalan yang dilaksanakan berupa kegiatan pengaspalan dengan lapisan hotmix berlokasi di Jalan Kampung Nengeng, Desa Cijengkol dengan panjang 425 meter dan lebar 2 ,7 meter dengan.  Anggarannya Rp89.950.000. 

Kegiatan kedua untuk pembiayaan untuk program sapa warga berupa pembelian pulsa untuk 11 ketua RW yang masing-masing mendapat jatah sebesar Rp400 ribu. Totalnya Rp4,4 juta. Kegiatan ketiga pemberian tunjangan untuk perangkat desa sebesar Rp15 juta. Sisanya untuk pengadaan sarana dan prasarana posyandu.

“Untuk pengaspalan jalan diproyeksikan pengerjaannya selama 5 hari kalender. Mudah-mudahan tidak ada gangguan cuaca,” ujar Haer.

Fungsi jalan yang dihotmik tersebut  sangat vital karena merupakan akses langsung yang tersambung ke jalan nasional. Haer mengharapkan pembangunan jalan di Kampung Nengeng dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

“Atas nama masyarakat Desa Cijengkol, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi dan Pemprov Jabar yang telah mengupayakan bantuan dana dari provinsi tesebut. Kami yakin, bantuan ini dapat mendatangkan manfaat bagi kami,” tutur Haer. (*)

Print Friendly, PDF & Email