Kadis PU Sosialisasikan Pembangunan Jembatan Cibuni

oleh -
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, Asep Japar menyampaikan sosialisasi rencana pembangunan Jembatan Cibuni bertempat di aula Kecamatan Cidadap.

Wartawan M. Hamjah

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mulai mensosialisasikan rencana pembangunan Jembatan Cibuni yang membentang di atas Sungai Cibuni sebagai batas alam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Sosialisasi pertama digelar di aula Kantor Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/6/2020).

banner 970x90

Sosialisasi dipimpin langsung oleh Kepala DPU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar yang hadir di Kecamatan Cidadap bersama jajarannya. Pada kegiatan itu, Asep menjelaskan ikhwal pembangunan jembatan yang dari sisi Kabupaten Sukabumi terletak di Kampung Cibungur, Desa/Kecamatan Cidadap. 

“Pembangunan Jembatan Cibuni dibiayai oleh dana yang berasal dari bantuan provinsi. Fungsi jembatan yang membentang di atas Sungai Cibuni ini sangat vital dan strategis sehingga menjadi perhatian pemerintah daerah,” kata Asep di tengah kegiatan sosialisasi rencana pembangunan Jembatan Cibuni.

Dia mengharapkan adanya partisipasi dari masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi jembatan yang akan dibangun. Partisipasi dan bantuan dari masyarakat sangat diharapkan untuk mensukseskan pembangunan Jembatan Cibuni. Dengan adanya peran serta yang tinggi dari masyarakat, Asep yakin, pembangunan jembatan tersebut akan berjalan dengan lancar dan hasilnya sesuai dengan harapan bersama.  

“Kita semua mengharapkan, pembangunan Jembatan Cibuni ini tidak menemui kendala apapun,” ujar Kadis PU.

Menurut rencana, pembangunan Jembatan Cibuni akan dimulai pada 10 Juni mendatang. Jembatan ini diproyeksikan memiliki panjang 120 meter dengan lebar badannya 7 meter. Untuk menyelesaikan pembangunan Jembatan Cibuni, Pemprov Jawa Barat menyediakan dana sebesar Rp33 miliar dari APBD provinsi. Ditargetkan pembangunannya selesai dalam waktu 7 bulan.  

Pada sosialisasi itu tampak hadir jajaran Muspika Cidadap. Juga hadir para camat dari Kecamatan Sagaranten, Curgukembar, dan Kecamatan Cijati Kabupaten Cianjur serta Kapolsek Curugkembar, Danramil Sagaranten, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Camat Cidadap, R. Takarina Hatatiyanto Prihantono, S.H. menyatakan kebahagiaannya dengan adanya pembangunan Jembatan Cibuni. Masyarakat sudah lama mengharapkan pembangunan jembatan tersebut karena kondisi jembatan yang lama telah rusak parah. 

“Alhamdulillah Jembatan jadi juga Cibuni dibangun. Semoga pengerjaannya tepat waktu. Pembangunan jembatan ini sudah sangat lama ditunggu masyarakat karena fungsinya sangat vital sebagai akses bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur,” ujar camat. 

Setelah acara sosialisasi, Asep Japar beserta rombongan pejabat dan tokoh masyarakat dari 4 kecamatan mengunjungi lokasi Jembatan Cibuni. (*)

Print Friendly, PDF & Email