Sambut Musim Libur Lebaran, Dinas Perkim Percantik Palabuhanratu

oleh -
Penataan dan perbaikan sarana dan prasarana di kawasan destinasi wisata Palabuhanratu dan sekitarnya untuk membuat wisatawan nyaman dan betah.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Menjelang tibanya musim libur Idul Fitri 1440 Hijriyah, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi terus mempercantik wajah dan lingkungan Palabuhanratu dan sekitarnya. Di beberapa lokasi destinasi wisata, para pekerja mengerjakan perbaikan berbagai sarana hingga penataan tempat agar lingkungan menjadi lebih indah dan nyaman untuk dikunjungi.

banner 720x90

Salah satu lokasi yang dijadikan titik proyek penataan objek wisata adalah sepanjang jalur pusat keramaian Palabuhanratu hingga pesisir di kawasan Citepus. Lokasi penataan dan perbaikan meliputi alun-alun, taman kota, dan titik-titik tertentu di pesisir. Secara khusus, Dinas Perkim memberikan perhatian pada daerah Citepus.

 “Untuk daerah Citepus kami melakukan penataan sehingga wisatawan dan pengunjung yang datang akan merasa nyaman dan puas,” kata Kepala Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, Dedi Cardiman kepada wartawan, Selasa (4/6/2019).

Penataan dilakukan sejak beberapa minggu lalu, ujar Dedi. Selama satu bulan lebih dia dan jajarannya menggeber pekerjaan besar tersebut untuk mewujudkan destinasi wisata yang indah, nyaman, dan membuat betah wisatawan.

“Bulan Puasa pun kami terus bekerja agar penataan dan perbaikan lingkungan objek wisata cepat selesai,” kata dia.  

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, sekarang para wisatawan bisa berselfie ria di pantai dan menikmati angin pantai di lingkungan taman. Di tempat-tempat tersebut, Dinas Perkim menyediakan papan berisi rangkaian kata-kata lucu dan menggugah rasa penasaran. 

banner 720x90
Berbagai rangkaian kata-kata yang lucu dan menggugah rasa penasaran ditempelkan di sekitar sarana wisata untuk latar belakang foto selfie.

“Kami juga menyediakan fasilitas untuk permainan tradisional seperti sondah. Ada juga patung suling.  Harapan kami, fasilitas-fasilitas tersebut dapat meningkatkan pengunjung ke kawasan Palabuhanratu. Masyarakat harus terlibat aktif dalam menjaga kebersihan, kerapihan, juga keindahan di lingkungan destinasi wisata,” kata Dedi. 

Program penataan lingkungan wisata tersebut, lanjut Dedi, dilakukan dalam rangka  menjawab harapan  Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami terkait pengembangan wisata berbasis potensi kawasan.

“Setiap kawasan atau desa harus memiliki ciri khas dan keunikannya  sendiri, baik wisata, kuliner, atau agrowisata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Dedi. (*)

Print Friendly, PDF & Email