Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Cek Harga dan Mutu Bahan Makanan

oleh -
Ketua Satgas Pangan Kota Sukabumi yang juga Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro memimpin operasi pemantauan persediaan, harga, dan kualitas pangan di beberpa tempat penjualan bahan pangan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Menjelang tibanya bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, Satgas Pangan Kota Sukabumi menggelar operasi untuk mengecek persdiaan, harga, dan mutu bahan makanan. Dari pengecekan itu, Satgas Pangan menjamin, persediaan bahan pangan di Kota Sukabumi dalam keadaan aman dengan harga stabil. Sementara untuk pengecekan kelaikan bahan makanan, Satgas mengambil beberapa sampel dari kios-kios.

banner 720x90

“Kami mengambil sampel dari bahan makanan untuk diperiksa di laboratorium. Hasil pemeriksaan di laboratorium akan menentukan kesehatan dan kelayakan bahan pangan itu untuk dikonsumsi,” kata Kapolre Sukabumi Kota yang juga menjabat Ketua Satgas Pangan Kota Sukabumi, AKBP Susatyo Purnomo Condro saat memimpin pemantauan pangan ke sejumlah pasar tradisional, Jumat (3/5/2019).

Sampel-sampel bahan makanan tersebut akan diperiksa di laboratorium untuk diketahui kalayakannya, ujar Susatyo. Beberapa jenis bahan makanan yang diambil sampelnya antara lain kolang-kaling, tahu, tempe, dan bumbu makanan. Untuk pemeriksaannya, kata dia, akan ditangani oleh tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) kota yang merupakan bagian dari Satgas Pangan.

“Pemantauan ini kami gelar secara mendadak sebagai bentuk penjaminan makanan menjelang Ramadhan yang harus stabil harganya dan aman dikonsumsi masyarakat,” ujarnya.

Dalam operasi itu, Satgas Pangan menemukan harga bawang putih yang masih tinggi yakni di atas Rp50 ribu perkilogram. Temuan ini, kata Kapolres, akan dijadikan bahan evaluasi oleh Satgas Pangan, khususnya instansi terkait seperti Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian.  

“Tingginya harga bawang ini akan menjadi bahan evaluasi Satgas Pangan agar bisa kembali menjadi normal dan stabil. Dinas terkait harus berusaha untuk menurunkan harga komoditas tersebut,” kata Ketua Satgas Pangan.

banner 720x90

Secara umum, ujar dia, persediaan bahan pangan termasuk beras dalam kondisi aman. Hasil pemeriksaan Satgas Pangan gudang-gudang menunjukkan, persediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan sesudahnya terjamin. Harganya pun stabil.  

Sementara itu Wakil Kepala Bulog Subdivre Cianjur Desi Asmiati mengatakan, stok beras di Sukabumi dan Cianjur dapat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kedua wilayah hingga tiga bulan ke depan. Desi menjamin, permintaan beras di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan Kota Sukabumi dapat dipenuhi.

“Harga beras stabil, untuk kualitas premium sebesar Rp10 ribu dan medium Rp8.700 hingga Rp9 ribu perkilogram. Begitu juga halnya dengan daging beku, persediaannya aman dengan harga stabil sebesar Rp80 ribu perkilogram,” ujar Desi. (*)

Print Friendly, PDF & Email