Perekaman Data E-KTP di Bojonglongok Penting untuk Pemilu

oleh -
Warga yang mengikuti perekaman data untuk KTP di aula Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro (Kowasi)

Perekaman data untuk dokumen kependudukan E-KTP penting sebagai persiapan untuk menyambut Pemilu dan pelihan yang lainnya. Karena itu kegiatan perekaman data E-KTP akan dilaksanakan secara bergilir dan bertahap di semua desa sampai semua warga yang berumur di atas 17 tahun terkover oleh layanan perekaman tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala UPTD Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wilayah Cicurug, Sobari ketika memimpin kegiatan perekaman data di Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (3/4/2019) lalu. Proses perekaman data, ujar Sobari, merupakan bagian dari upaya mensukseskan Pemilu 2019.

“Warga yang memiliki KTP atau surat keterangan pengganti KTP dapat menyalurkan hak suaranya di TPS. Untuk mendapatkan KTP atau surat keterangan, warga harus mengikuti perekaman data,” kata Sobari.

Perekaman data diikuti oleh ratusan orang yang belum pernah direkam data basisnya untuk KTP. Warga berdatangan dari berbagai kampung yang ada di wilayah Desa Bojonglongok. Mereka tampak antusias mendatangi tempat perekaman untuk data KTP di aula balai desa setempat.

“Kami sangat senang karena merasa terbantu dengan adanya kegiatan perekaman data KTP. Pelayanan seperti ini harus berlanjut karena masih banyak warga yang belum punya KTP. Mungkin mereka bisa ikut perekaman pada hari yang lain,” ujar salah seorang warga Desa Bojonglongok yang mengikuti perekaman data untuk KTP.

Menurut dia, semua warga yang mendapatkan pelayanan perekaman data merasa senang karena bakal memiliki E-KTP. Warga tersebut baru mengetahui kalau pembuatan KTP itu cepat dan mudah serta yang paling penting gratis. Untuk itu dia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan pelayanan terbaik dalam perekaman data KTP. (*)

Print Friendly, PDF & Email