Helaran, SKPD Tampilkan Kreativitas Seni

oleh -
Salah satu atraksi seni yang ditampilkan pada helaran dalam rangka HUT ke-105 Kota Sukabumi di depan Balai Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Helaran pesta rakyat dalam rangkaian HUT ke-105 Kota Sukabumi menampilkan berbagai kamonesan atau kreativitas seni dari SKPD dan kecamatan. Kegiatan seni dan budaya tersebut mendapat sambutan dari warga Kota Sukabumi yang berjejer di pinggir jalan yang dilewati rombongan karnaval sepanjang pagi hingga sebelum tengah hari, Kamis (4/4/2019).

banner 720x90

Rombongan karnaval berangkat dari Lapangan Merdeka, masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan RE. Martadinata, Jalan Siliwangi, lalu belok kiri ke Jalan R. Syamsudin, dan finish di depan Balai Kota Sukabumi. 

“Berbagai elemen hari ini hadir, baik dari instansi pemerintah, masyarakat, maupun pelaku usaha untuk memeriahkan helaran,” kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi saat menyambut rombongan karnaval di depan Balai Kota Sukabumi.

Melalui kegiatan tersebut, ujar wali kota, dapat dilihat prestasi dan kemajuan seni dan ekonomi kreatif di Kota Sukabumi. Saat ini, Pemkot Sukabumi sedang memberikan perhatian khusus pada pengembangan seni dan ekonomi kreatif yang potensinya cukup besar di Kota Sukabumi. 

“Potensi tersebut harus digali antara lain melalui helaran seperti ini,” ujar Fahmi.

Pada helaran itu, tampil peserta dari 7 kecamatan, 23 SKPD, beberapa komunitas, perbankan, dan perusahaan swasta. Di antara kemeriahan karnaval terdapat 19 mobil hias yang berada di tengah barisan.

banner 720x90

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi, Adang Taufik mengatakan, helaran dengan tema Kemilau Kota Sukabumi 2019 bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan budaya yang hidup di Kota Sukabumi.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi menampilkan  aksi teatrikal bertajuk anti hoax yang dibawakan oleh staf SKPD tersebut. Dinas Perhubungan (Dishub) membawa mobil PJU dan bus Si Tayo untuk memeriahkan helaran. Kepala Dushub Kota Sukabumi, Abdul Rachman tampil mengendarai mesin penggilas jalan yang dihias dengan umbul-umbul dan spanduk.

Sementara BPBD Kota Sukabumi menyajikan demo pemadaman gas Elpiji dari tabung melon. Adapun Dinas Kesehatan tampil dengan layanan ambulans gratis. Satpol PP mempersembahkan penampilan mobil tipiring disertai aksi bela diri oleh anggota perempuan saat mengimbau pengamen jalanan yang menolak disuruh shalat Jumat. (*)

Print Friendly, PDF & Email