Lestarikan Budaya, Yayasan Mutiara Gelar Pekan Prestasi

oleh -
Wakil Gubernur Jabar KH. Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami berbaur dengan para guru dan siswa sekolah Mutiara pada pembukaan Pesona Pekan Prestasi Mutiara (PPPM) 2020 Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

Yayasan Mutiara menggelar Pesona Pekan Prestasi Mutiara (PPPM) 2020 Kabupaten Sukabumi yang menampilkan berbagai aksi dan atraksi seni persembahan para siswa. Acara pekan prestasi tersebut diresmikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, KH.Uu Ruzhanul Ulum bertempat di Komplek Pendidikan Terpadu Mutiara Palabuhanratu, Selasa (4/2/2020).

banner 720x90

Pada peresmian PPPM 2020 Kabupaten Sukabumi tampak hadir Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami. Wagub Jabar dan Bupati Sukabumi sangat menikmati atraksi seni yang dibawakan para siswa di sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Mutiara. Keduanya menyampaikan apresiasi terhadap kecintaan para siswa pada seni.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena bisa melatih mental siswa dalam meningkatkan prestasi akademik maupun nonakademik, termasuk seni. Melalui pekan prestasi, para siswa dapat menumbuhkembangkan serta mengaktualisasikan bakat, kreativitas, dan potensi senin yang dimilikinya,| kata Wagub Uu ketika meresmikan PPPM.  

Melalui kegiatan tersebut, ujar wagub, para siswa dapat mengapresiasi dan mengimprovisasi seni dan budaya lokal maupun nasional untuk membangun semangat kebersamaan dan jiwa nasionalisme. 

Sementara itu Bupati Sukabumi mengatakan bahwa untuk melestarikan budaya daerah, para pemangku kepentingan harus saling mendukung dan bersatu. Semuanya memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan seni dan budaya Sunda.   

“Acara ini harus menjadi usaha kita semuanya untuk mencintai dan mengagumi kebudayaan sendiri,” tutur Marwan. 

banner 720x90

Bupati berharap kepada setiap sekolah di Kabupaten Sukabumi agar bisa terus mengembangkan dan menggali potensi para pelajar untuk mewujudkan SDM Kabupaten Sukabumi yang lebih baik.

“Kegiatan pekan prestasi sudah menunjukkan bahwa Yayasan Mutiara Palabuhanratu mempunyai konsep untuk memacu semangat para guru dan pelajar agar mempunyai kemampuan dalam menyalurkan bakat dan menggali potensinya,” kata Marwan. 

Dalam laporannya, Ketua Yayasan Mutiara, Awan Setiawan menyampaikan, PPPM Kabupaten Sukabumi 2020 bertujuan untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap hasil karya seni dan budaya daerah Kabupaten Sukabumi. Selain itu untuk mengembangkan nilai-nilai seni dan kebudayaan di kalangan pelajar. Melalui PPPM, para pelajar mendapat pelajaran tentang kesiapan mental untuk bertanding.

“Para siswa juga dilatih kemampuannya untuk mengembangkan potensi mereka di bidang seni dan budaya,” ujar Awan.

Pembukaan PPPM diisi dengan pagelaran seni musik dan tarian yang dipentaskan oleh para siswa siswi SD, SMP, SMA, dan SMK Mutiara. Wagub dan Bupati juga ikut menari bersama para pelajar. (*)

Print Friendly, PDF & Email