Wali Kota Targetkan LPE 6 Persen pada 2021

oleh -
H. Achmad Fahmi

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mentargetkan pencapaian Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) di Kota Sukabumi sebesar 6 persen pada tahun 2021. Untuk mencapai target tersebut, wali kota akan mendorong percepatan peningkatan kapasitas usaha UMKM dan mengantisipasi naiknya angka pengangguran.

“Kami akan terus melakukan peningkatan LPE  pada tahun-tahun yang akan datang. Indikasinya dua tahun mendatang LPE bisa mencapai 6 persen,” kata wali kota kepada wartawan, Selasa (3/12/2019).

Pada tahun 2018, LPE Kota Sukabumi mencapai 5,43 persen. Kemudian pada tahun ini diperkirakan menyentuh angka 5,76 persen sampai dengan akhir tahun. Selanjutnya dua tahun yang akan datang, LPE bisa mencapai 6 persen atau bahkan lebih.

Terkait dengan target tersebut, pihaknya telah menggulirkan berbagai program untuk mempercepat peningkatan kapasitas usaha UMKM. Pemkot Sukabumi  mentargetkan beberapa sektor usaha UMKM dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan LPE dalam satu atau dua tahun ke depan.

Sementara untuk menekan tingkat pengangguran, Pemkot Sukabumi akan memperkuat link and match antara dunia pendidikan dan dunia usaha. Dengan demikian lulusan sekolah tidak menjadi pengangguran baru. Wali kota juga akan mempertahankan dan mengembangkan komitmen menciptakan wirausaha baru. 

“Salah satu program untuk mendukung pengembangan UMKM adalah Sukabumi Kelurahan Entrepreneur Center atau Sukabumi Kece. Dalam program ini ada  yang disebut Warung Kece yang merupakan salah satu infrastuktur UMKM,” jelas Fahmi.

Pelaku UMKM, tutur dia, bisa memanfaatkan program tersebut dengan sebaik-baiknya. Caranya datang saja ke Kantor Kelurahan untuk mendapatkan petunjuk dan fasilitasi program Sukabumi Kece.

“Dengan tersedianya program dan berbagai infrastruktur tersebut, UMKM dapat memberikan dukungan pada upaya pencapaian target LPE sebesar 6 persen pada tahun 2021,” ujar wali kota.

Selain itu, wali kota mencanangkan target tingkat inflasi pada 2021 tidak sampai 4 persen. Pada 2018, inflasi mencapai 2,47 persen. Dengan segala daya dan upaya, Pemkot Sukabumi akan menahan laju inflasi agar tidak melewati angka 4 persen. (*)

Print Friendly, PDF & Email