Sekda Instruksikan Pembuatan Masterplan Geopark

oleh -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri (kedua dari kiri) memberikan arahan kepada para peserta FGD tentang penyempurnaan rencana induk pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Sekda Kabupaten Sukabumi menginstruksikan jajaran Pemkab Sukabumi untuk segera membuat masterplan pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk pengembangan warisan bumi tersebut pada 5 sampai 10 tahun mendatang. Dalam pembuatan masterplan tersebut, semua perangkat daerah yang terlibat harus berangkat dari kesamaan persepsi.

Perintah sekda itu disampaikan saat membuka Focus Group Discussion (FGD) tentang penyempurnaan rencana induk pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu bertempat di Hotel Pangrango, Selabintana, Selasa (3/12/2019). Kesamaan persespsi dalam menyusun masterplan, kata Iyos, menjadi kunci keberhasilan pengembangan geopark.

“Forum diskusi ini harus bisa membangun pemahaman kita supaya memiliki persepsi yang sama dalam pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuanratu untuk 5-10 tahun ke depan. Kita harus mempunyai masterplannya,” ujar sekda.

Untuk itu Sekda Iyos mengharapkan masukan, saran, dan pandangan dari para pakar, komunitas, dan para peserta FGD untuk pembuatan draft masterplan. Nantinya masterplan ini akan ditindaklanjuti dengan workplan yang merupakan satu dari 13 amanat UNESCO Global Geopark (UGG). Sebagian bagian dari UGG, Geopark Ciletuh Palabuhanratu harus menjalankan semua ketentuan lembaga dunia tersebut.

“Penajaman dan penyempurnaan dalam pembuatan masterplan sangat penting. Jangan sampai nantinya setelah ditetapkan, masterplan tersebut sulit untuk diimplementasikan. Karena itu sangat dibutuhkan sumbangan pemikiran, pencerahan,  dan masukan positif untuk kemajuan geopark demi kesejahteraan masyarakat,” kata dia. 

FGD diselenggarakan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sukabumi. Sekretaris DPTR, H. Asep Rahmat Mulyana menjelaskan, FGD yang digelarnya itu merupakan yang terakhir. Tujuannya untuk penajaman pembuatan masterplan pengembangan Geopark Ciletuh Palabuanratu.

“Proses pembuatan masterplan pengembangan geopark telah melalui  proses yang panjang. Mudah-mudahan dari diskusi ini, para peserta dapat menghasilkan dokumen rencana induk yang bisa dijadikan pegangan untuk penyempurnaan geopark ke depan,” tutur Asep. 

Diskusi diikuti 40 peserta yang berasal dari unsur pemerintah, pelaku usaha, dan unsur terkait lainnya. Dari unsur pemerintah tampak hadir Kepala DPTR Kabupaten Sukabumi, Teti Twofri Saptiati dan sejumlah kepala bagian di lingkungan Setda Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email