Pemdes Talaga Membagikan 427 Sertifikat Tanah Tahap II

oleh -
Kades Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, H. Aep Saefullah secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah dari Program PTSL Tahun 2019 kepada pemilik tanah.

Wartawan Usep Mulyana

Pemdes Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi membagikan 427 sertifikat tanah dari Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sertifikat Lengkap) bertempat di Gedung Wahana Serbaguna, Selasa (3/12/2019). Pembagian sertifikat tersebut merupakan tahap II.  

Di tempat kegiatan, Kepala Desa Talaga, H. Aep Saefullah mengatakan, pembagian sertifikat untuk tahap II akan dilanjutkan dengan pembagian tahap selanjutnya. Tahap pertama telah dibagikan sertifikat sebanyak 100 yang diselenggarakan di kantor desa.

“Jumlah sertifikat seluruhnya dari program PTSL tahun 2019 mencapai 1.500. Sisanya sebanyak 973 sertifikat harus sudah selesai dibagikan sebelum akhir tahun ini. Jadi pada tahun 2020, seluruh peserta program PTSL telah memegang sertifikat tanahnya masing-masing,” jelas Aep.

Dengan pembagian sertifikat ini, kata dia, diharapkan ke depannya tidak terjadi lagi sengketa perbatasan dan penyerobotan lahan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Seringkali aksi penyerobotan tanah menimbulkan persengketaan dan kekisruhan di tengah masyarakat. Sertifikat yang dimiliki warga, ujar Aep, merupakan bukti kepemilikan atas bidang tanah yang diakui oleh negara.

“Setelah ada sertifikat, warga tidak bisa lagi mengklaim tanah milik orang lain dengan seenaknya,” ujarnya.

Sementara itu seorang warga penerima sertifikat, Upu warga Kampung Cibalung RT 05 RW 04 Desa Talaga mengaku lega dan senang menerima dokumen pertanahan tersebut. 

“Tanah ini merupakan satu-satunya aset keluarga saya. Sekarang sudah ada sertifikatnya. Syukur, alhamdulillah. Saya tidak khawatir lagi tanah milik saya diserobot atau dikuasai orang lain,” tutur Upu. (*)

Print Friendly, PDF & Email