KPU Kota Sukabumi Luncurkan Mobil Cerdas Demokrasi

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (tengah) ketika meluncurkan Mobil Cerdas Demokrasi atau Moci di kawasan Car Free Day, Minggu (3/11/2019).

Wartawan Iyus Firdaus PWI

KPU Kota Sukabumi meluncurkan inovasi terbaru untuk mendukung geliat kehidupan dan kualitas demokrasi di kota yang terkenal sebagai penghasil mochi tersebut. Inovasi itu bernama Mobil Cerdas Demokrasi atau Moci. Peluncuran Moci dipimpin Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi di area Car Free Day (CFD), Minggu (3/11/2019).

“Mobil bernama Moci ini berisi berbagai informasi tentang kepemiluan dan Pilkada. Dengan mobil ini, kami akan melakukan sosialisasi ke berbagai tempat dan pelosok di Kota Sukabumi,” kata Komisioner KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah seusai launching Moci.

Walaupun Pileg, Pilpres, Pilgub, dan Pilkada masih jauh, bukan berarti KPU Kota Sukabumi kehabisan pekerjaan dan nihil kegiatan. Komisioner dan jajaran Sekretariat KPU Kota Sukabumi harus terus mensosialisasikan aspek-aspek kepemiluan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas demokrasi di daerah. Membangun demokrasi harus dilakukan secara kontinyu dan keberlanjutan.

“Adanya mobil Moci dapat mempermudah kami dalam menjalankan tugas sosialisasi kepemiluan, salah satunya tentang Pemilu dan Pilpres 2024, Pilgub, dan Pilkada,” ujar Ratna.

Dengan mobil tersebut, KPU Kota Sukabumi juga bisa mengurus daftar pemilih sejak dini. Sebab daftar pemilih akan lebih akurat dan mendekati fakta yang sebenarnya jika dikerjakan sejak awal. Mobil Moci akan mempermudah petugas KPU Kota Sukabumi dalam melakukan koordinasi dengan kantor kelurahan, kantor kecamatan, atau Disdukcapil untuk menghasilkan daftar pemilih yang akurat.

“Kami akan melakukan sosialisasi kepemiluan sampai memasuki tahapan Pemilu 2024. Tim kami bersama Mobil Moci akan bergerak terus untuk mendatangi masyarakat,” tuturnya.

Ratna yakin dengan sosialisasi yang gencar dan intensif, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu, Pilpres, Pilgub, dan Pilkada akan meningkat. Pada Pemilu 2019 lalu, tingkat partisipasi warga Kota Sukabumi mencapai 86,12 persen. Untuk pemilihan selanjutnya, KPU Kota Sukabumi mentargetkan tingkat paritisipasi sebesar 90 persen. (*)

Print Friendly, PDF & Email