Empat Puskesmas Terakreditasi Paripurna

oleh -
Yudi Yustiawan

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi terus melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya  dengan peningkatan akreditasi empat puskesmas pada 2019 menjadi puskesmas terakreditasi paripurna.

Dengan predikat akreditasi paripurna yang disandangnya, keempat puskesmas tersebut dapat memberikan pelayanan yang hampir sama dengan servis kesehatan di rumah sakit.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinkes kota Sukabumi, Yudi Yustiawan saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (2/11/2019). 

“Akreditasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan, baik yang berkaitan dengan manajemen, usaha kesehatan pribadi atau UKP, maupun unit kesehatan masyarakat atau UKM. Semua jenis pelayanan di puskesmas harus optimal,” kata Yudi.

Empat puskesmas yang akreditasi telah mencapai level paripurna terdiri dari Puskesmas Sukabumi, Puskesmas Cipelang, Puskesmas Benteng, dan Puskesmas Cikundul. Satu fasilitas kesehatan lagi yakni Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah) Kota Sukabumi dalam waktu dekat akan reakreditasi.

Peningkatan pelayanan terkait proses peningkatan akreditasi, ujar dia, meliputi aspek-aspek SDM, tata aturan, dan standar operasional. Jadi kenaikan akreditasi selalu berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Status paripurna, kata dia, artinya mendekati sempurna dan menyeluruh. 

Dalam sistem akreditasi puskesmas terdapat empat tingkatan yaitu dasar, madya, utama, dan terakhir paripurna. Keempat puskesmas tersebut telah melewati tiga tingkatan lainnya sebelum mencapai tingkatan paripurna. Akreditasi puskesmas ditingkatkan tiap tiga tahun.

“Peningkatan akreditasi di puskesmas berdampak terhadap masyarakat ketika mendapatkan pelayanan kesehatan. Pada dasarnya semua aspek pelayanan di puskesmas harus paripurna. Tidak ada lagi kejadian puskesmas kekurangan obat untuk pasien. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus paripurna dan optimal. 

“Dengan adanya pusksesmas paripurna, petugas medis bisa melayani masyarakat pada pelayanan pertama sehingga dapat mencegah pasien dirujuk ke rumah sakit. Semua pelayanan yang dibutuhkan pasien dapat dipenuhi oleh puskesmas,” ucapnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email