Sukabumi Siap Menjadi Wilayah ‘Fish On’

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan) menyerahkan paket ikan sehat dan bermutu kepada perwakilan dari Pesantren Al-Ghifari Selabintana.

Wartawan Usep Mulyana

Potensi perikanan  yang dimiliki Kabupaten Sukabumi sangat tinggi dan perlu dioptimalkan agar hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan peternak ikan dan para nelayan. Banyak penduduk Kabupaten Sukabumi yang menggantungkan hidupnya dari usaha budi daya ikan air tawar dan usaha menangkap ikan laut sebagai nelayan.

banner 970x90

“Hal itulah yang menjadikan Kabupaten Sukabumi ditunjuk oleh pemerintahan pusat sebagai wilayah yang menjalankan aplikasi Fish On. Nelayan di Kabupaten Sukabumi siap menjalankan aplikasi tersebut,” kata Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada acara pembagian ikan sehat di Pesantren Al-Ghifari, Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/10/2019) lalu.

Dengan aplikasi Fish On, para nelayan mendapat kemudahan dalam operasional di laut, melelang, dan menjual ikan. Aplikasi ini juga dapat membantu para nelayan untuk mengelola hasil laut secara mandiri. Para nelayan dapat melipatgandakan penangkapan ikan karena mereka mengetahui posisi-posisi di laut yang banyak ikan.

“Kabupaten Sukabumi memiliki agenda besar untuk mengelola potensi perikanan agar memberikan kontribusi yang nyata terhadap kesejahteraan para nelayan,” tuturnya. 

Bupati juga mendorong para santri dan pelajar membiasakan diri mengkonsumsi ikan karena ikan mengandung protein dan gizi yang tinggi. Kandungan gizi pada ikan dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Pembagian ikan tersebut merupakan hasil kerja sama Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Sukabumi dengan Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kegiatan itu mengusung tema “Peduli Ikan Sehat Peduli Ikan Bermutu, Sukabumi Hebat Indonesia Maju”.

Di antara pejabat yang hadir tampak Kepala Balai KIPM Jakarta II Nandang Koswara, Kepala Dislutkan Kabupaten Sukabumi Abdul Kodir, Kabag Sosial dan Keagamaan Setda Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma, dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Yani Zatnika Marwan.

Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan ikan secara simbolis kepada perwakilan Pesantren Al-Ghifari. Di tempat kegiatan hadir pula sekitar 500 santri  dari 14 pesantren se-wilayah Kabupaten Sukabumi. Jumlah ikan yang dibagikan sebanyak 3.500 kilogram yang merupakan ikan yang aman untuk dikonsumsi. (*)

Print Friendly, PDF & Email