Desa Caringin Wetan Menyeleksi Calon Perangkat Desa

oleh -
Tim seleksi dan calon perangkat Desa Caringin Wetan untuk posisi Kasi Pemerintahan dan Kadus Cikembang dari kiri ke kanan Yudi Gunawan (Sekretaris Tim Seleksi), Idris Maulana (Ketua Tim Seleksi), Dini Febbi Anjani (calon), Restu Ardiansyah (calon), Peri Febriandi (calon), Ujang Ismail (calon), dan Alex (staf desa).

Wartawan Usep Mulyana

Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi menggelar seleksi untuk mengisi jabatan Kepala Seksi Pemerintahan dan Kepala Dusun  Cikembang. Panitia seleksi telah menerima aplikasi permohonan posisi dari 4 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan satu perempuan. 

banner 970x90

“Satu calon atas nama Neneng Yuliani tidak memenuhi panggilan kami, dianggap mengundurkan diri. Empat calon yang lainnya terus maju dalam seleksi,” kata Sekretaris Desa Caringin Wetan, Idris Maulana yang juga ketua tim seleksi  kepada wartawan di tengah kegiatan seleksi perangkat desa, Kamis (3/10/2019).

Empat calon yang maju ke tahap seleksi terdiri dari Restu Ardiansyah, Ujang Ismail, Peri Febriandi, dan Dini Febbi Anjani. Mereka akan bersaing untuk mengisi posisi lowong yang ditinggalkan oleh Dewi Ayu Yunaeni sebagai Kasi Pemerintahan dan Dedi Suhendar sebagai Kadus Cikembang. Dedi terdaftar sebagai balon pada Pilkades  Caringin Wetan. 

Dalam seleksi calon perangkat desa tersebut, tim desa bergandengan tangan dengan tim seleksi kecamatan yang diketuai Kasi Pemerintaham Kantor Kecamatan Caringin, Emi  Sulaemi sebagai panelis.

Seleksi yang dilakukan, ujar Idris, bertujuan untuk menggali wawasan dan pengetahun calon seputar seluk beluk pemerintahan desa. Pertanyaan yang harus dijawab calon berkisar pada tugas dan fungsi pemerintahan.

“Para calon harus menguasai dan mampu paling sedikit 25 persen data geografi dan demografi desa,”  ungkapnya.

Sementara Kasi  Pemerintahan Kecamatan Caringin, Emi Sulaemi menerangkan, seleksi tersebut berlangsung objektif. Tim penilai harus berlaku adil pada semua calon. Dalam menentukan calon terpilih, tim harus melihat kemampuan calon dalam menjawab pertanyaan dari panelis.

“Calon terpilih juga harus memiliki kemampuan manajerial yang baik dan tidak punya beban yang tidak baik di masa lalu,” ujar Emi. (*)

Print Friendly, PDF & Email