Camat Surade Minta BPD Sukatani Utamakan Musyawarah

oleh -
Camat Surade, H. Utang Supratman, S.IP., M.M. memandu pengambilan sumpah jabatan anggota BPD Sukatani periode 2019-2025.

Wartawan Dicky Sopyan

Camat Surade, H. Utang Supratman, S.IP., M.M. meminta jajaran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sukatani untuk selalu mengutamakan musyawarah bersama pemangku kepentingan lainnya dalam memutuskan suatu masalah. Dengan musyawarah, BPD akan mendapatkan keputusan terbaik yang dapat diterima semua kalangan yang ada di desa, termasuk perangkat desa.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Utang saat melantik 7 anggota BPD Sukatani periode 2019-2025 di Aula Kantor Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Senin (2/9/2019). Melalui musyawarah, kata dia, BPD dapat meminta masukan dari berbagai kalangan yang ada di lingkungan desa.  

“Selain itu, BPD juga harus menjalankan fungsi pengawasan. Posisi BPD adalah mitra kerja pemerintahan desa,” ujar camat. 

Selama ini, lanjut Utang, Desa Sukatani dikenal sebagai desa yang kondusif untuk melaksanakan pembangunan. Karena itu, BPD beserta unsur lainnya harus menjaga kondisi seperti itu. Dia mengharapkan BPD dan pemerintah desa dapat saling mengisi dan mengingatkan. BPD harus menjadi pengawal kegiatan pembangunan di desa.

“Saya menyampaikan ucapan selamat kepada anggota BPD yang dilantik. Segeralah melaksanakan tugas dan beradaptasi dengan lingkungan kerja di desa. Kepada anggota BPD yang telah habis masa jabatannya, kami menyampaikan terima kasih  atas sumbangsih pemikiran untuk kemajuan dan perkembangan Desa Sukatani,” tutur camat. 

BPD yang dilantik terdiri dari 5 orang laki laki dan 2 orang perempuan. Acara pelantikan dihadiri unsur Muspika Surade, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga desa, Karang Taruna, perwakilan PKK, para Ketua RT dan ketua RW, serta para undangan.

Kades Sukatani, H. Ijrop Pranoto mengharapkan, anggota BPD yang baru dilantik dan diambil sumpahnya harus bisa memberikan kontribusi berupa inovasi, pengawasan, dan sinergitas dengan pemerintah desa. Dia mengajak BPD untuk bersama-sama menjaga kondisi desa agar tetap kondusif. 

“Di samping itu BPD dan pemerintah desa harus bisa saling mengingatkan untuk menata dan membangun desa sesuai dengan harapan bersama.  Dengan sinergitas dan kerja yang baik, kami berkeyakinan  pembangunan desa di Desa Sukatani dapat berjalan dengan lancar dan membuat kemajuan bagi desa,” ujar Ijrop. (*)

Print Friendly, PDF & Email